www.belajarsejarah.web.id - Hai bapak ibu guru mata pelajaran seni budaya. Apakah Anda sedang mencari informasi latihan soal pppk untuk persiapan mengikuti seleksi pppk tahap 3? Jika iya, maka bapak ibu guru berada di tempat yang tepat. Karena pada kesempatan ini saya akan membagikan 50 Contoh Soal PPPK Guru Seni Budaya Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru yang tidak jauh berbeda dengan soal-soal yang akan muncul pada ujian aslinya. Oke bapak ibu guru selamat mengerjakan!
Contoh Soal PPPK Guru Seni Budaya Tahap 3 ( No. 1 - 25 )
1. Dalam pengertian luas tari disamping unsur dasarnya adalah gerak masih membutuhkan pendukung lainya untuk lebih sempurna dalam sebuah katagori pertunjukan tari. maka apabila kita kaji faktor pendukung yang dimaksud antara lain...
a. Tata suara dan artistik
b. Tata lampu dan dekorasi
c. Tata rias busana dan iringan
d. Tata cahaya dan properti
e. Tata kamera dan suara
2. Tingkat ketercapaian nilai artisitik suatu penyajian musik dengan gagasan serta maksud dari pertunjukan tersebut. Membandingkan dengan karya sejenis dapat menjadi faktor pertimbangan dalam tahap interpretasi. Kesemuanya dijabarkan dalam interpretasi. Tahap ini dapat dikatakan sebagai pendekatan induktif karena dimulai dari hal-hal yang ada dalam suatu karya musik, bukan dari hukum-hukum yang bersifat umum (deduktif).. Deskripsi tersebut merupakan penyajian kritik musik aspek...
a. Evaluasi
b. Analisis
c. Interpretasi
d. Deskripsi
e. Impact
3. Di daerah Bali ada sebuah larian yang sangat erat kaitanya dengan prosesi upacara keagamaan atau religi yaitu Tari Rejang yang dibawakan oleh para penari remaja. Tarian tersebut merupakan rangkaian upacara yang dilaksanakan untuk..
a. Persembahan di Arca
b. Persembahan di Stupa
c. Persembahan di Candi
d. Persembahan di Pura
4. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan memberikan kasus problematik yang harus diselesaikan dengan tepat dan benar oleh peserta didik. Model pembelajaran yang dapat dilakukan adalah....
a. uji coba pemecahan masalah menggunakan berbagai rumus matematika yang selalu digunakan
b. penerapanan operasi matematika secara benar dan tepat pada setiap kasus yang diberikan
c. penerapan matematika untuk memecahkan masalah secara berkelompok
d. penemuan sendiri oleh kelompok siswa atas problem yang diberikan untuk diselesaikan
e. problem based learning dengan kasus khusus yang menggunakan operasi aritmatika
5. Perhatikan pernyataan berikut.
• Kemampuan untuk memprioritaskan, merencanakan, dan mengelola hasil
• Penggunaan alat dunia nyata yang efektif
• Produk yang relevan dan berkualitas tinggi
Sebagai bagian dari keterampilan enGauge Abad ke-2, pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari....
a. high productivity
b. digital age literacy
c. effective communication
d. efficiency learning
e. inventive thinking
6. Di bawah ini adalah sebuah potongan gambar alat musik rekorder.
Nama bagian rekorder tersebut adalah....
a. Cork Joint
b. Bell
c. Barell
d. Mouthpiece
e. Head
7. Bu Suci sedang melakukan identifikasi masalah kesulitan belajar beberapa peserta didik yang menjadi bimbingannya. Untuk mengidentifikasi karakteristik atau ruang lingkup materi yang mengalami kesulitan belajar, maka yang harus Ibu Suci lakukan yang paling tepat adalah....
a. mengikuti arahan ahli pendidikan dan pembelajaran
b. membandingkan prestasi belajar dengan kriteria
c. mengidentifikasi faktor penyebab kesulitan belajar
d. menganalisis lembar jawab ulangan peserta didik
e. membandingkan prestasi belajar dengan rata-rata
8. Nilai seni perlu dijunjung tinggi dalam proses penciptaan karya seni oleh penciptanya. Nilai atau kualitas seni ini erat kaitannya dengan ....
a. Gaya karya seni
b. Judul karya seni
c. Bentuk karya seni
d. Tema karya seni
e. Teknik karya seni
9. Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Berdasarkan pengertian di atas, yang tidak termasuk dalam komponen komunikasi adalah ....
a. Informasi
b. pesan
c. komunikan
d. komunikator
e. saluran
10. Bentuk dan jenis alat musik seperti, piano, gitar organ, saksofone pada penerapanya dapat disebut katagori alat musik....
a. Pentatonis
b. Harmonis
c. Diatonis
d. Dinamis
e. Kronologis
11. Putri senang menggunakan warna-warna cerah dengan objek yang rinci dalam melukis, sedang Bayu lebih menyukai warna-warna yang gelap dengan objek yang deformatif. Dalam lukisan mereka terlihat... yang merupakan ciri khas ekspresi mereka.
a. intuisi
b. keindahan
c. gaya
d. keabadian
e. empati
12. Tari Gatotkaca Gandrung yang berasal dari Pulau Jawa dalam penampilan secara koreografinya termasuk dalam katagori bentuk...
a. Tari putra
b. Tari tunggal
c. Tari pahlawan
d. Tari romantik
e. Tari hias
13. Perhatikan cuplikan berita di bawah ini!
Di tengah giatnya pemerintah membangun infrastruktur di mana-mana, ratusan pelajar di Kecamatan Tompobulu, Maros, Sulawesi Selatan, harus berjuang mati-matian menuntut ilmu. Bahkan ada yang rela mempertaruhkan nyawa dengan berenang di sungai karena tak ada akses jembatan. Di Desa Bonto Matinggi, puluhan siswa terpaksa berenang di sungai tiap ke sekolah. Belakangan, wilayah ini pun ramai dikunjungi komunitas retawan peduli pendidikan. Mereka tidak hanya datang mengajar, bahkan mereka menggalang donasi untuk membantu perlengkapan sekolah dan membangun ruang belajar yang layak. Setiap akhir pekan, mereka datang tanpa pamrih, meski harus berjalan kaki hingga puluhan kilometer, ironisnya, pemerintah tak pernah hadir memberikan perhatian.
Sumber: https://news.detik.com/berita/4001024/cerita-periuanaan-keras-anak-Dedalaman-di-maros-meraih- cita-cita
Manakah pertanyaan yang merupakan soal HOTS berdasarkan teks di atas?
Apa yang dilakukan para relawan?
a. Apakah pemerintah sudah turun tangan dalam menangani masalah ini?
b. Mengapa peserta didik di Maros harus berjuang untuk pergi ke sekolah?
c. Apa yang terjadi jika anak-anak di Maros tidak bersekolah?
d. Jika anda seorang kepala desa, apa yang akan anda lakukan?
14. Tangganada adalah deretan nada (not) dalam pola yang berurutan dari dasar nada hingga nada tertinggi dalam sistem susunannya. Gambar di bawah ini adalah tangga nada....
a. Mayor.
b. Minor Melodis
c. Minor
d. Minor Harmonis
e. Mayor Harmonis
15. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak, peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya. Untuk hal ini, guru dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan....
a. menjiplak huruf
b. memasang puzzle
c. meronce membuat kalung
d. menendang bola
e. mewarnai pola
Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru IPA SMP Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru
16. Seorang pengarang dalam menulis lakon menggunakan bahan-bahan diantaranya adalah karakter, situasi dan subjek. Apakah fungsi karakter dalam naskah lakon?
a. Mengembangkan ide pokok
b. Mengembangkan konflik
c. Mengembangkan peristiwa
d. Mengembangkan suasana
e. Mengembangkan alur cerita
17. Sebuah paduan suara menyajikan sebuah lagu Syukur ciptaan H.Mutahar. Di tengah lagu, paduan suara tersebut secara bertahap menyanyi dari suara yang keras menuju lembut. Dinamika dari keras menuju lembut yang digunakan paduan suara tersebut adalah....
a. Cresendo
b. Forte
c. Decresendo
d. Piano
e. Fortissimo
18. Salah satu kegiatan menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks discovery tearning berupa ....
a. pembuktian hasil temuan (verification)
b. pernyataan/identifikasi masalah (problem statement)
c. pengumpulan data (data collection)
d. pengolahan data (data processing)
e. pemvalidasian hasil temuan (validating)
19. Teater modern Indonesaia merupakan hasil pengaruh dari teater Barat. Bentuk teater ini merupakan produk masyarakat kota dengan audiens penduduk kota. Siapakah pendukung teater modern Indonesia?
a. Kaum cendekiawan
b. Kaum urban
c. Masyarakat pedesaan
d. Tokoh masyarakat
e. Tokoh marginal
20. Berdasarkan bentuk dan mediumnya seni rupa dapat diklasifikasikan menjadi tiga macam seni, yakni....
a. seni lukis, seni kriya dan desain
b. seni media baru dan seni rupa serta desain
c. seni terapan dan seni murni serta seni media baru
d. seni murni dan seni rupa serta kriya
e. seni rupa dan kriya serta desain
21. Sebuah proses dalam mengolah koreografi tari adalah perjalanan dalam rangka kerja kreatif untuk mewujudkan sebuah bentuk...
a. Pembentukan
b. Gerak tari
c. Improvisasi
d. Karya tari
22. Penampilan tari Oleg Tambulilingan dari Pula Dewata Bali, yang merupakan tarian yang mengambil tema flora, merupakan bentuk koreografi jenis tari....
a. Kepahlawanan
b. Keprajuritan
c. Berpasangan
d. Berlawanan
e. Patriotisme
23. Secara teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat membangun etos guru sebagai komunikator dalam pembelajaran?
a. Emosi dan intelektual.
b. Kepercayaan dan daya tarik.
c. Daya tarik dan kecerdasan.
d. Kepercayaan dan latar belakang budaya.
e. Daya tarik intelektual.
24. Gaya belajar peserta didik dalam suatu kelas sangat beragam, ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu menggunakan ....
a. metode ceramah, diskusi, tanya jawab
b. program audio, buku, dan modul
c. modul, buku, dan powerpoint
d. media audio, video, dan percobaan
e. media komik pembelajaran, tanya jawab, dan buku
25. Lakon dalam teater adalah hasil rekaan penulis lakon, dan merupakan mimesis atau tiruan dari kehidupan manusia keseharian. Dalam lakon teater dikenal dengan istilah latar cerita, apa yang dimaksudkan dengan latar cerita tersebut?
a. Waktu yang menjadi latar belakang peristiwa, adegan, dan babak itu terjadi
b. Latar belakang cerita yang terdiri dari latar tokoh, karakter, dan peristiwa
c. Identifikasi tokoh dalam latar peristiwa cerita meskipun peristiwa tersebut fiktif.
d. Latar belakang cerita yang terdiri dari latar peristiwa, waktu, dan tempat
e. Tempat yang menjadi latar peristiwa lakon itu terjadi dimana akan terwujud dalam tata artistik
Contoh Soal PPPK Guru Seni Budaya Tahap 3 ( No. 26-50 )
26. Perhatikan pernyataan tentang Benang ini.
1) Benang dibuat dari bahan alam dan bahan buatan.
2) Benang katun dibuat dari kapas.
3) Benang sutera dibuat dari kepompong ulat sutera.
4) Benang agel terbuat dari kertas
5) Benang wol dari bahan buatan Pernyataan yang tepat adalah....
a. 2, 3, dan 4
b. 3, 4, dan 5
c. 1, 3, dan 5
d. 1, 2, dan 3
e. 2, 3, dan 5
27. Tertuju pada ide atau gagasan yang terdapat pada karya seni rupa yang dapat dikenali melalui tema atau judul merupakan definisi dari...
a. Fokus peninjauan prinsip pembelajaran
b. Fokus peninjauan kontekstual
c. Fokus peninjauan karakteristik pembelajaran
d. Fokus peninjauan ideoplastis
e. Fokus peninjauan fisioplastis
28. Penilaian dalam dimensi belajar yang dikembangkan dalam membantu peserta didik mengembangkan perasaan yang diterima baik oleh guru maupun teman sebayanya, percaya diri dan sikap menerima orang lain di kelas adalah ....
a. memperluas dan menyaring pengetahuan
b. habits ofminds (perilaku berpikir)
c. menggunakan pengetahuan secara bermakna
d. memperoleh dan mengintegrasikan pengetahuan
e. sikap dan persepsi
29. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai imajinasi, yaitu....
a. Imajinasi adalah suatu cara untuk meniadakan sesuatu yang ada sehingga menjadi benar-benar tidak ada.
b. Imajinasi adalah suatu cara untuk menganggap sesuatu yang tidak ada menjadi seolah-olah ada.
c. Imajinasi tidak akan muncul dengan pikiran yang aktif, tetapi harus dengan pikiran pasif
d. Imajinasi adalah suatu cara untuk menghadirkan sesuatu yang tidak ada menjadi ada.
e. Imajinasi adalah suatu cara untuk menemukan sesuatu yang tidak ada sehingga menjadi ada.
30. Sikap dasar dalam bernyanyi adalah sikap tubuh, ini sangat penting diketahui, karena dengan sikap yang benar penyanyi dapat bernyanyi dengan rileks. Salah satu manfaat sikap tubuh yang benar...
a. Menarik napas lebih mudah
b. Lebih nyaring suaranya
c. Lebih jelas artikulasinya
d. Lebih merdu suaranya
e. Lebih bebas berekspresi
Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru IPS SMP Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru
31. Jenis-jenis lampu yan dipergunakan untuk menerangi pada bagian bawah atau lanatai panggung dinamakan....
a. Front light
b. Wing light
c. Foot light
d. Main light
32. Penyajian fakta yang bersumber langsung dari karya musik yang dianalisis. Penyajian fakta ini berupa pernyataan elemen dan warna bunyi yang digunakan. Faktor-faktor pendukung penyajian juga termasuk bagian deskripsi. Pada tahap ini dinyatakan secara lengkap bagaimana elemen atau unsur-unsur tersebut diperlakukan dalam penyajian musik. Deskripsi tersebut merupakan penyajian kritik musik aspek...
a. Analisis
b. Deskripsi
c. Interpretasi
d. Evaluasi
e. Impact
33. Pada proses menggarap karya tari, seorang koreografer memerlukan pencarian ide dalam membuat gerak, maka dalam tahapan ini diperlukan persiapan awal yang disebut....
a. Proses stilisasi
b. Proses eksplorasi
c. Proses pembentukan
d. Proses improvisasi
34. Teater merupakan pertunjukan suatu lakon yang mempertemukan beberapa cabang kesenian, seperti sastra, seni peran, seni tari, maupun seni rupa. Apa saja yang merupakan unsur pokok pembentuk seni teater?
a. Naskah lakon, Tata artistik, Panggung, Penonton.
b. Naskah, Lakon, Pentas (stage), Sutradara.
c. Naskah, Astrada, Sutradara, Pemain.
d. Penulis atau Lakon, Sutradara, Pemain, Penonton
e. Pentas, Sutradara, Pemain, Penonton.
35. Istilah teater dari bahasa Yunani theatron yang diturunkan dari kata theaomai, yang artinya takjub melihat atau memandang. Dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai tempat teater dipergelarkan atau tempat pertunjukan. Dalam Bahasa Inggris kata teater disebut dengan...
a. A place for staging
b. A place for seeing
c. A auditorium for seeing
d. A toneel for staging
e. A stage for seeing
36. Bentuk terdiri atas dua yaitu bangun dan bentuk plastis, bangun adalah sesuatu yang bentuknya seperti....
a. bulat, persegi, ornamental dan teratur
b. bulat, persegi, oval dan lurus
c. bulat, persegi, ornamental dan tidak teratur.
d. bulat, persegi, lurus dan tidak teratur
e. bulat bervolume, tinggi
37. Garis paranada berfungsi untuk menempatkan notasi, dimana tinggi rendahnya nada tergantung pada letak nada tersebut.
Nada tertinggi ditunjukan oleh simbol...
a. X5
b. XI
c. X3
d. X2
e. X4
38. Kualitas suara yang keluar melalui mulut ditentukan oleh penggunaan bagian dari mulut, mulai dari tenggorokan, belakang mulut, langit-langit lunak, rahang bawah, lidah, serta bentuk mulut bagian depan dan bibir. Gambar bentuk mulut di bawah ini menghasilkan vokal...
a. E
b. U
c. O
d. i
e. A
39. Prinsip pengorganisasian unsur seni rupa adalah tuntunan dasar dalam mengatur suatu komposisi, prinsip pengorganisaian yang bersifat mengarahkan meliputi:
a. Pengulangan, komposisi, bidang dan warna
b. Prinsip pengulangan, selang-seling, penekanan, irama, gradasi dan transisi
c. Prinsip pengulangan, selang-seling, rangkaian, irama, gradasi dan transisi.
d. Prinsip pengulangan, selang-seling, rangkaian, irama, keseimbangan dan transisi
e. Prinsip pengulangan, kontras, rangkaian, irama, gradasi dan transisi
40. Pada sajian musik ansambel anak-anak menyajikan sebuiah lagu Pop. Ada beberapa alat musik yang menyajikan lagu tersebut. Terdapat satu alat musik yang memainkan lagu pokok tersebut. Alat musik tersebut termasuk dalam kelompok alat musik...
a. Aerofon
b. Harmonis
c. Melodis
d. Ritmis
e. Elektrofon
41. Perhatikan soal berikut:
Pembelajaran berpusat pada peserta didik.
1) Guru berperan membimbing peserta didik memperoleh beragam pengalaman belajar.
2) Tujuan kegiatan pembelajaran tidak hanya untuk sekedar mengejar standar akademis namun juga untuk pencapaian kompetensi secara utuh dan seimbang.
3) Pengelolaan kegiatan pembelajaran ditekankan pada kreativitas peserta didik dan memperhatikan kemajuan peserta didik untuk menguasai kompetensi.
4) Penilaian proses pembelajaran dilakukan untuk mengukur ketercapaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik.
5) Pembelajaran tidak ditekankan pada penyampaian informasi namun mengutamakan keterlibatan peserta didik secara aktif baik fisik maupun mental.
Uraian di atas merupakan bagian dari....
a. Definisi pembelajaran aktif
b. Prinsip pembelajaran aktif
c. Karakteristik pembelajaran aktif
d. Dasar ideologi pembelajaran aktif
e. Contoh pembelajaran aktif
42. Bagian dari kalimat musik yang dapat dianalogkan seperti halnya bagian kalimat dalam bahasa disebut....
a. Figur
b. Motif
c. Kalimat musik
d. Frasa
e. Semi frase
43. Perhatikan hal-hal berikut ini.
1. Belajar teknis.
2. Belajar praktis.
3. Belajar aktif.
4. Belajar emansipatoris.
5. Belajar konsep.
6. Belajar keseimbangan.
7. Belajar terpadu.
Yang merupakan tipe belajar menurut Habermas ditunjukkan dengan nomor ....
a. 2,3,4,5
b. 1,3,4,5
c. 1,4,5,6
d. 1,2,3,5
e. 1,2,3,4
44. Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar "Menganalisis hubungan antarkomponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar" adalah ....
a. menyebutkan komponen-komponen ekosistem dalam kehidupan
b. menyebutkan pengertian tentang ekosistem dengan jelas
c. menganalis ekosistem di lingkungan tempat peserta didik
d. membandingkan interaksi yang berlangsung dalam ekosistem
e. menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem kita
45. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah mampu ....
a. membuat peraturan
b. mengalami sebuah kejadian
c. memahami permasalahan
d. memahami sebuah kejadian
e. memecahkan masalah
Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru PGSD Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru
46. Teknik melukis ini menggunakan sapuan kwas dengan menggunakan cat dengan sifat transparant sehingga warna yang dihasilkannya tipis. Teknik yang tepat berdasarkan pernyataan di atas adalah:
a. Teknik aquarel
b. Teknik opaque
c. Teknik palet
d. Teknik mozaik
e. Teknik minyak
47. Apabila peserta didik belum siap untuk melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi, maka strategi yang dilakukan guru adalah ....
a. membangun terlebih dahulu jembatan penghubung antara proses berpikir tingkat rendah menuju berpikir tingkat tinggi
b. tetap melakukan kegiatan pembelajaran dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan meminta peserta didik untuk fokus
c. mengubah perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan dan keterampilan peserta didik yang heterogen
d. mengidentifikasi peserta didik baik yang sudah siap maupun yang belum siap untuk mengikuti pembelajaran dengan proses berpikir tingkat tinggi
e. membentuk kelompok peserta didik dengan kemampuan yang heterogen dalam proses pembelajaran
48. Kehadiran karya seni dalam kehidupan manusia dapat dijadikan alat untuk mencapai maksud tertentu. Pernyataan tersebut sejalan dengan nilai ...
a. Instrinsik karya seni
b. Tujuan karya seni
c. Subjektif karya seni
d. Objektif karya seni
e. Ekstrinsik karya seni
49. Teater modern ini dikembangkan oleh rombongan Pushi Indera Bangsawan of Penang dan diterima dengan baik oleh publik penonton di Jawa. Teater ini juga dianggap teater modern paling tua. Teater apakah yang dimaksud?
a. The Malay Opera
b. Teater Opera
c. Teater Orion
d. Teater Bangsawan
e. Teater Stamboel
50. Teori yang menyatakan bahwa seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri merupakan teori ....
a. sibernetik
b. behavioristik
c. kognitivistik
d. konstruktivistik
e. humanistik
Demikian sekelumit 50 Contoh Soal PPPK Guru Seni Budaya Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru yang dapat saya bagikan kepada bapak ibu guru mata pelajaran seni budya yang akan mengikuti seleksi PPPK formasi Guru tahap 3. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk kita semua, Terima kasih.
Salam Historia!