www.belajarsejarah.web.id - Hai Bapak ibu guru sobat sejarah, tidak terasa kita sudah memasuki tahun 2022 dan pelaksanaan seleksi PPPK formasi guru telah memasuki tahap 3. Beberapa bapak ibu guru telah dinyatakan lulus dan akan melaksanakan proses pemberkasan. Namun ada juga kok yang belum beruntung dan masih harus berjuang sampai tahap 3 ini.
Berdasarkan kondisi tersebut maka pada postingan ini saya akan berbagi 50 contoh soal pppk untuk guru sejarah tahap 3 sebagai bentuk latihan dan pengayaan dalam mempersiapkan diri mengikuti seleksi pppk guru di tahap 3. Jangan patah semangat dan tetaplah yakin bahwa Allah SWT akan memberikan pertolongannya bagi mereka yang senantiasa berusaha mewujdukan impiannya. Selamat mengerjakan dan semoga diberikan kemudahan dalam mengerjakan latiahn soal pppk guru sejarah berikut ini :
CONTOH SOAL PPPK KOMPETENSI TEKNIS GURU SEJARAH TAHAP 3
1. Pada masa Demokrasi Terpimpin, Presiden Soekarno mengeluarkan Peraturan Presiden yang membubarkan partai politik Masyumi dan Partai Sosialis, dengan alasan kedua partai tersebut....
A. menjalin kerja sama dengan negara Barat,khususnya Belanda.
B. menentang program Nasakom dari Sukarno
C. selalu menjatuhkan kabinet di era Demokrasi Liberal
D. mendukung pemberontakan DI/TII Kartosuwiryo
E. mendukung pemberontakan PRRI/PERMESTA
2. Sejarah bersifat einmaliq. Hal ini artinya bahwa peristiwa sejarah ...
A. Berulang menurut siklus waktu
B. Bersifat unik dan menarik
C. Hanya sekali terjadi
D. Membuat yang mempelajari bijaksana
E. Berdasar causa prima
3. Pada masa Pendudukan Jepang,diberlakukan tiga pemerintahan militer di Indonesia. Daerah Jawa dikuasakan kepada ....
A. Tentara Keenam Belas
B. Tentara Keduapuluh Enam
C. Armada Utara Ketiga
D. Armada Selatan Kedua
E. Tentara Keduapuluh Lima
4. Sebagian isi Prasasti Nalanda dapat menjelaskan bahwa Kerajaan Sriwijaya....
A. mengirimkan mahasiswa belajar agama Budha di India
B. sebagai kerajaan maritim yang luas, termasuk menguasai Jambi
C. menjalin hubungan dengan kerajaan bercorak Hindu di India
D. memberi kutukan-kutukan bagi yang berbuat jahat
E. menjaga sistem kedatuan dan menghukum yang berbuat jahat
5. Dalam penelitian sejarah, faktor yang melatarbelakangi perbedaan interpretasi sejarawan yang disebabkan oleh rasa suka atau tidak suka terhadap pelaku sejarah disebut....
A. Conflict of Interest
B. Group prejudice
C. Personal bias
D. Conflicting theorie
E. Underlying philosophical conflicts
6. Di antara gerakan DI/TII tingkat lokal yang dapat diselesaikan oleh pemerintah melalui jalur diplomasi dan musyawarah adalah.....
A. DI/TII Kalimantan
B. DI/TII Aceh
C. DI/TII Jawa Barat
D. DI/TII Jawa Tengah
E. DI/TII Sulawesi Selatan
7. Pada masa Pendudukan Jepang di Indonesia, Jepang menerapkan sistem ekonomi autarki . Sistem ekonomi tersebut penerapannya adalah ....
A. Memenuhi kebutuhan daerah sendiri dan untuk menunjang kegiatan perang
B. Menjual barang-barang impor di bawah harga di dalam negeri
C. membangun infrastruktur fisik dalam rangka menghadapi kekuatan Barat yang akan kembali ke Indonesia
D. Meningkatkan perekonomian dalam negeri dengan mengambil sumber daya alam daerah pendudukan
E. implementasi sistem ekonomi liberal secara terbatas yang dikendalikan oleh pemerintah pendudukan Jepang
8. Kegagalan perlawanan rakyat di Nusantara sebelum tahun 1908 dalam menghadapi kolonialisme jika dikaitkan dengan jiwa motivasi mementingkan diri sendiri dari sebagian tokoh di masyarakat adalah....
A. Perjuangan dilakukan secara lokal tidak ada koordinasi antar perlawanan rakyat sehingga kekuatan menghadapi pasukan kolonial tidak merata
B. Pemimpin rakyat di daerah berjuang terfokus secara konfrontasi tanpa ada upaya diplomasi terhadap kekuatan kolonial
C. Adanya pejabat dan tokoh di masyarakat bersedia bekerja sama dengan kolonial setelah diberi jabatan yang sesuai dalam birokrasi
D. Perjuangan tergantung kepada ketokohan seseorang, jika tokoh tersebut tertangkap, perlawanan menjadi menurun bahkan padam
E. Pemimpin perlawanan rakyat pada umumnya tidak memahami teori dan sistem organisasi modern.
9. Secara umum, latar belakang munculnya Orde Baru disebabkan...
A. Kegagagalan konstituante dalam melaksanakan tugas
B. Meluasnya korupsi, kolusi dan nepotisme dalam berbagai aspek
C. Kabinet-kabinet jatuh bangun dalam waktu singkat.
D. Instabilitas politik, ekonomi dan keamanan akibat G-30-S/PKI
E. Pembangunan semua aspek kehidupan terpusat di Jawa.
10. Ancaman disintegrasi bangsa pada masa pemerintahan Sukarno yang diklasifikasikan sebagai gerakan separatis adalah....
A. DI/TII Kartasuwirya
B. Pemberontakan PRRI/Permesta
C. G-30-S/PKI
D. Pemberontakan Andi Azis
E. Peristiwa RMS
11. Kerajaan Sriwijaya dianggap sebagai kerajaan bertipe maritim. Hal ini disebabkan....
A. pusat pemerintahan di pinggir pantai
B. mempunyai hubungan langsung dengan India
C. berhasil menguasai jalur perdagangan di Asia Tenggara
D. menjalin kerja sama dengan pedagang mancanegara
E. kurang mengembangkan wilayah di daerah pedalaman
12. Dalam proses perumusan dasar negara Indonesia, terdapat perubahan dari konsep asli hasil rumusan Piagam Jakarta. Perubahan tersebut sebagai bentuk perwujudan ....
A. menghargai keanekaragaman suku bangsa
B. semangat nasionalisme dan patriotik
C. kemandirian bangsa dari pengaruh bangsa lain
D. semangat toleransi beragama
E. nilai-nilai demokrasi dalam berpolitik
13. Pada pemerintahan Masa Reformasi, permasalahan separatisme yang dianggap berhasil diselesaikan dengan jalur diplomasi adalah....
A. Gerakan OPM
B. Gerakan Aceh Merdeka
C. Konflik perbatasan Indonesia-Malaysia
D. Gerakan Republik Maluku Selatan
E. Konflik di Laut Cina Selatan
14. Upaya diplomasi pengakuan kedaulatan RI dari Belanda yang menghasilkan pengakuan de facto kekuasaan atas Jawa, Madura dan Sumatera adalah perjanjian....
A. Roem-Royen
B. Renville
C. KMB
D. Kalijati
E. Linggarjati
15. Kebijakan politik Orde Baru jika dikaitkan untuk mengurangi tekanan dari pihak legislatif yang berada di luar kekuasaan atau pihak oposisi dalam rangka menjaga stabilitas politik melalui ....
A. penetapan asas tunggal Pancasila
B. pelaksanaan GBHN
C. pemberlakuan Undang Undang Subversif
D. penyederhanaan partai politik
E. kebijakan otonomi daerah
Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru Sosiologi Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru
16. Saluran islamisasi yang menekankan persamaan nilai-nilai Islam dengan nilai-nilai tradisional dalam alam pikiran masyarakat Indonesia adalah ....
A. Ekspansi
B. Tasawuf
C. Perkawinan
D. Pendidikan
E. Perdagangan
17. Nekara adalah temuan terpenting pada masa perundagian. Fungsinya yang berhubungan dengan perkembangan pertanian adalah sebagai....
A. Wadah hasil bumi
B. Alat untuk membangun saluran irigasi
C. Benda upacara pertanian
D. Alat tukar perdagangan
E. Benda prestise sosial
18. Organisasi pada masa Pergerakan Nasional yaitu Indische Partij (IP) dikenal sebagai organisasi yang terbuka. Keterbukaan tersebut terlihat dalam hal....
A. Keanggotaan IP bersifat fleksibel dan tidak terikat oleh peraturan organisasi
B. IP terbuka dengan prinsip ideologi modern dari Barat dan meninggalkan prinsip perjuangan lokal dan tradisional
C. Keanggotaan IP tidak dibatasi oleh faktor usia dan jenis kelamin.
D. Keanggotaan IP meliputi semua golongan yaitu kaum pribumi , Indo-Belanda, keturunan Cina dan Arab.
E. IP terbuka bagi setiap orang dengan ideologi dan prinsip perjuangan yang berbeda-beda.
19. Pada masa reformasi, presiden yangdikenal sebagai sosok pendorong kehidupan pluralisme dan perhatiannya kepada kelompok minoritas adalah.....
A. Susilo Bambang Yudhoyono
B. B.J. Habibie
C. Joko Widodo
D. Abdurrahman Wahid
E. Megawati Sukarno Putri
20. Sebuah teori penghinduan di Indonesia dikemukakan oleh van Leur sebagai Teori Arus Balik bermakna....
A. golongan waisya India berdagang ke Nusantara, dan menyebarkan agama Hindu ke masyarakat
B. para pedagang Nusantara berdagang ke India,setelah pulang menyebarkan pengaruh agama India
C. golongan ksatria India mendirikan kerajaan di Nusantara, setelah kerajaan mandiri, ia kembali ke India
D. brahmana India mengajarkan agama ke kepala suku di Indonesia, selanjutnya brahmana tersebut pulang ke India
E. brahmana lokal Nusantara mempelajari agama India dan kemudian pulang untuk menyebarkannya
21. Sejarah memberikan kearifan dan kebijakan bagi yang mempelajari. Hal ini terkait guna sejarah sebagai....
A. Edukatif
B. Inspiratif
C. Rekreatif
D. Anakronis
E. Instruktif
22. Faktor munculnya pelayaran samudera bangsa Barat ke dunia Timur terkait dengan semangat gold adalah keinginan untuk....
A. mencari kekayaan
B. menyebarkan agama
C. mengubah peradaban bangsa Timur
D. memperoleh kejayaan
E. menjalin interaksi antar-bangsa
23. Pada tanggal 7 Januari 1965, Presiden Soekarno menyatakan Indonesia keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Penyebab utama tindakan ini adalah....
A. Malaysia ditetapkan sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB
B. PBB tidak mendukung upaya Indonesia merebut Irian Barat dari kekuasaan Belanda
C. Amerika Serikat mendukung Belanda dalam permasalahan Irian Barat
D. PBB kurang mendukung kemerdekaan negara Asia-Afrika yang dijajah bangsa Barat
E. Indonesia cenderung pada Blok Timur di era Perang Dingin
24. "Als Ik Een Nederlander Was" merupakan artikel yang ditulis Suwardi Suryaningrat dalam rangka mengkritik agenda kegiatan pemerintah kolonial Belanda untuk ....
A. pelaksanaan politik Tanam Paksa
B. merayakan kemenangan Belanda dalam Perang Dunia I
C. merayakan ulang tahun Ratu Juliana
D. merayakan ulang tahun kemerdekaan negeri Belanda
E. Merayakan kemenangan Sekutu dalam Perang Dunia II
25. Kebijakan ekonomi Orde Baru yang ditentang mahasiswa sehingga muncul Peristiwa Malari (Malapetaka lima Belas Januari) disebabkan...
A. mahasiswa menuntut kepada pemerintah Orde Baru agar Amerika Serikat tidak melakukan dominasi ekonomi di Indonesia
B. mahasiswa menuntut kepada pemerintah Orde Baru agar Jepang tidak melakukan dominasi ekonomi di Indonesia.
C. Perekonomian Indonesia dikuasai oleh kelompok militer
D. Perekonomian Indonesia dikuasai oleh pengusaha-pengusaha yang menjalin KKN dengan birokrasi
E. Mahasiswa menuntut kepada pemerintahan Orde Baru agar diberi kebebasan kampus untuk mengekspresikan gagasannya.
26. Dalam penelitian sejarah, proses menilai, menguji atau menyeleksi sumber-sumber sebagai usaha untuk mendapatkan sumber yang benar dan mengandung informasi yang relevan dengan cerita sejarah yang disusun disebut ...
A. Triangulasi
B. Kritik Sumber
C. Historiografi
D. Interpretasi
E. Heuristik
27. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak, peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya. Untuk hal ini, guru dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan....
A. memasang puzzle
B. meronce membuat kalung
C. menjiplak huruf
D. mewarnai pola
E. menendang bola
28. Politik kolonial Hindia Belanda yang berpengaruh terhadap berkembangnya organisasi pergerakan kebangsaan adalah ...
A. Politik Etis
B. Kolonialisme
C. Tanam Paksa
D. Politik Pintu Terbuka
E. Liberalisme
29. Dalam KMB, permasalahan yang belum dapat disepakati antara Indonesia dan Belanda sehingga ditangguhkan penyelesaiannya adalah ....
A. batas teritorial wilayah Indonesia
B. hutang Indonesia yang dibayarkan kepada Belanda
C. masuknya KNIL dalam Angkatan Perang Indonesia
D. status wilayah Irian Barat
E. bentuk negara dan pemerintahan Indonesia
30. Berdasarkan penelitian, temuan fosil manusia pra-aksara di Indonesia yang paling primitif selain pithegantropus adalah....
A. Homo Soloensis
B. Meganthropus
C. Robustus
D. Homo Wajakensis
E. Homo Sapiens
Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru Pkn Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru
31. Prasasti masa Kerajaan Tarumanegara yang menceritakan pembangunan sungai untuk kepentingan irigasi masyarakatnya adalah prasasti ....
A. Kebon Kopi
B. Pasir Awi
C. Jambu
D. Ciaruteun
E. Tugu
32. Kebijakan perekonomian masa Demokrasi Liberal pada Kabinet Natsir, dituangkan oleh Menteri Perdagangan Sumitro yang kemudian dikenal sebagai Gerakan Benteng atau Benteng Grup. Tujuan dari kebijakan tersebut adalah....
A. merangsang tumbuhnya kelas pengusaha dari masyarakat pribumi
B. melindungi pedagang kecil untuk dibebaskan dari segala macam pajak penghasilan
C. usaha swasembada pangan sebagai benteng ekonomi menghadapi pengaruh asing
D. Reorganisasi dan Rasionalisasi Angkatan Perang dalam rangka mengurangi anggaran
E. upaya pengguntingan mata uang sebagai cara mengatasi inflasi yang tidak terkendali
33. MIAI sebagai organisasi umat Islam diijinkan tetap berdiri oleh pemerintah Pendudukan Jepang. Hal ini disebabkan MIAI ....
A. bersikap anti-Barat serta membantu segala aktifitas Jepang dalam rangka mencapai kemakmuran bersama
B. hanya konsentrasi sebagai organisasi keagamaan sehingga tidak mengancam kedudukan Pendudukan Jepang
C. bersikap anti-nasionalis sehingga berfungsi sebagai penyeimbang kekuatan politik di Indonesia
D. dianggap penyeimbang DI/TII yang bersikap nonkooperatif terhadap Jepang
E. menjunjung nilai toleran terhadap ajaran keagamaan dan kebudayaan dari Jepang
34. Pergerakan Nasional Indonesia pernah mengalami penindasan yang luar biasa. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya peristiwa....
A. Indische Partij bersikap radikal dan non-koopratif sehingga membahayakan eksistensi pemerintah colonial
B. Pemberontakan Petani di Banten yang dipelopori oleh tokoh agama setempat
C. Ikrar Sumpah Pemuda sebagai simbol persatuan Indonesia
D. Dimuatnya artikel yang ditulis Suwardi Suryaningrat dalam rangka mengkritik pemerintah kolonial
E. Pemberontakan PKI tahun 1926-1927 di Sumatra dan Jawa
35. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
(1) Masalah operasi pemulihan keamanan untuk mengatasi pemberontakan
(2) Pembatasan pengiriman tenaga kerja asing dari Indonesia ke Malaysia
(3) Perjuangan dalam rangka pembebasan Irian Barat
(4) Embargo ekonomi oleh Belanda
Berdasarkan pernyataan di atas, yang berhubungan dengan dampak kemerosotan perekonomian pada masa Demokrasi Terpimpin adalah....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
CONTOH SOAL PPPK PEDAGOGIK GURU SEJARAH TAHAP 3
36. Teori yang menyatakan bahwa peserta didik selama kegiatan belajar lebih ditekankan untuk aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri merupakan aliran dari teori ....
A. behavioristik
B. konstruktivistik
C. kognitivistik
D. sibernetik
E. humanistik
37. Apabila dalam suatu proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya karena dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ....
A. conditioning
B. konseptualisasi
C. shaping
D. trial and error
E. stimulus respon
38. Dengan komunikasi, orang tua mengajarkan arti kasih sayang, makna cinta, rasa hormat, dan rasa bangga. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari fungsi komunikasi, yaitu ....
A. memupuk hubungan
B. Pembentukan eksistensi diri
C. pembentukan konsep diri
D. menyatakan eksistensi diri
E. melangsungkan kehidupan
39. Berikut adalah perumusan indikator kunci untuk KD “Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia”, kecuali ....
A. menggeneralisasikan pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan, terhadap pembangunan sosial masyarakat Indonesia
B. mengorelasikan pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan terhadap pembangunan ekonomi masyarakat Indonesia
C. menjelaskan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan tempat tinggalnya
D. mengidentifikasi pengaruh interaksi manusia terhadap pembangunan pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia
E. menghubungkan pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan terhadap pembangunan budaya masyarakat Indonesia
40. Dengan komunikasi, orang tua mengajarkan arti kasih sayang, makna cinta, rasa hormat, dan rasa bangga. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari fungsi komunikasi, yaitu ....
A. memupuk hubungan
B. Pembentukan eksistensi diri
C. pembentukan konsep diri
D. menyatakan eksistensi diri
E. melangsungkan kehidupan
41. Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa berpikir kritis merupakan proses dimana segala pengetahuan dan keterampilan dikerahkan dalam memecahkan permasalahan merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai ....
A. management strategic solution
B. transfer knowledge
C. discovery learning
D. problem solving
E. critical and creative thinking
42. Perhatikan hal-hal berikut ini.
1. Belajar teknis.
2. Belajar praktis.
3. Belajar aktif.
4. Belajar emansipatoris.
5. Belajar konsep.
6. Belajar keseimbangan.
7. Belajar terpadu.
Yang merupakan tipe belajar menurut Habermas ditunjukkan dengan nomor ....
A. 2, 3, 4, 5
B. 1, 2, 3, 4
C. 1, 4, 5, 6
D. 1, 2, 3, 5
E. 1, 3, 4, 5
43. Perhatikan hal-hal berikut ini.
1. Kemampuan akademik.
2. Motivasi.
3. Perilaku.
4. Keterampilan.
5. Sikap.
6. Kebiasaan belajar.
7. Lingkungan rumah.
8. Sosial ekonomi.
Karakter peserta didik yang harus dipahami oleh guru demi kesuksesan pembelajaran ditunjukkan dengan nomor ....
A. 2, 3, 4, 5, 6
B. 4, 5, 6, 7, 8
C. 3, 4, 5, 6, 7
D. 1, 3, 4, 5, 7
E. 1, 2, 3, 4, 5
44. Pak Sugih akan mengembangkan kreativitas dengan meningkatkan kemampuan berpikir divergen. Beliau memberikan sebuah masalah “apa yang akan kamu lakukan kalau minyak bumi sudah tidak ada lagi di muka bumi.” Peserta didik diminta menuliskan beberapa alternatif jawaban. Yang harus menjadi fokus perhatian Pak Sugih adalah....
A. banyaknya alternatif jawaban
B. banyaknya jawaban tepat
C. jawaban ilmiah dari peserta didik tertentu
D. banyaknya jawaban berkualitas
E. siapa peserta didik yang menjawab
45. Penilaian dalam dimensi belajar yang dikembangkan dalam membantu peserta didik mengembangkan perasaan yang diterima baik oleh guru maupun teman sebayanya, percaya diri dan sikap menerima orang lain di kelas adalah ....
A. memperoleh dan mengintegrasikan pengetahuan
B. sikap dan persepsi
C. menggunakan pengetahuan secara bermakna
D. habits of minds (perilaku berpikir)
E. memperluas dan menyaring pengetahuan
Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru PJOK SMP-SMA Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru
46. Unsur-unsur komunikasi berdasarkan definisi dan model komunikasi, dalam konteks belajar mengajar guru dan siswa berperan sebagai komunikator sehingga terjadi komunikasi dua arah, adalah....
A. penyadian ulang atau decoding
B. pesan atau message
C. saluran dan media
D. pengirim atau komunikator
E. penyandian atau encoding
47. Kegiatan pembelajaran pada model project based learning pada sintaks mendesain perencanaan produk adalah....
A. peserta didik menyusun jadwal penyelesaian tugas proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan
B. peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru
C. membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan produk/karya untuk dipaparkan kepada orang lain
D. peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan
E. mendiskusikan topik permasalahan kehidupan di lingkungan tempat tinggal peserta didik dan membandingkannya
48. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu.
2. Kemampuan untuk menilai kesukaran sesuatu masalah.
3. Kemampuan untuk mengamati tingkat pemahaman dirinya.
4. Pengetahuan tentang bentuk yang lebih kompleks dan terorganisasi.
5. Kemampuan menggunakan berbagai informasi untuk mencapai tujuan.
6. Pengetahuan tentang eleman-elemen terpisah dan memiliki cirinya tersendiri.
Menurut Anderson dan Krathwoll, pernyataan di atas yang termasuk dimensi pengetahuan metakognitif ditunjukkan dengan nomor ....
A. 3, 4, 6
B. 4, 5, 6
C. 1, 4, 6
D. 2, 3, 5
E. 1, 2, 3
49. Untuk membantu peserta didik mencapai target pembelajaran, pada umumnya guru mengajarkan materi pelajaran dari yang sederhana ke materi yang kompleks, memberikan soal dari yang mudah ke soal yang sulit. Hal itu antara lain merupakan implikasi pendidikan dari prinsip atau hukum perkembangan yang ....
A. dilaksanakan sesuai dengan sarana belajar
B. berawal pada diferensiasi dan berakhir pada integrasi
C. berlangsung secara bertahap
D. dapat dipercepat melalui proses belajar
E. berlangsung sesuai dengan iramanya
50. Perhatikan tabel berikut!
Pasangan tumbuhan dan cara menyesuaikan diri dengan lingkungan yang tepat adalah....
A. (2) dan (d)
B. (4) dan (1)
C. (4) dan (b)
D. (1) dan (a)
E. (1) dan (c)
Demikianlah postingan terkait 50 Contoh Soal PPPK Guru Sejarah Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru yang dapat saya bagikan kepada bapak ibu guru. Semoga dapat memberikan manfaat bagi bagi bapak ibu dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.
Salam Historia!