www.belajarsejarah.web.id - Halo Bapak ibu guru geografi, apakah Anda sedang menemukan informasi latihan soal guna mempersiapkan diri mengikuti seleksi tahap 3 PPPK formasi guru geografi? Jika iya, maka bapak ibu guru ada di blog yang tepat. Karena dalam kesempatan ini saya akan berbagi 50 contoh soal PPPK Guru Geografi Tahap 3 Tahun 2022.
Contoh Soal PPPK Guru Geografi Tahap 3 ( No. 1 - 25 )
1. Permasalahan penduduk dibidang kesehatan antara lain; kurangnya sarana dan pelayanan kesehatan, kurangnya air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, kurangnya pengetahuan tentang kesehatan, gizi yang rendah, penyakit menular, lingkungan yang tidak sehat (lingkungan kumuh). Dampak rendahnya tingkat kesehatan terhadap pembangunan adalah ....
a. mengadakan penyuluhan tentang kesehatan gizi dan kebersihan lingkungan
b. mengadakan program pengadaan dan pengawasan obat dan makanan
c. terhambatnya pembangunan fisik karena perhatian tercurah pada perbaikan kesehatan yang lebih utama karena menyangkut jiwa manusia
d. membangun sarana-sarana kesehataa seperti puskesmas, rumah sakit, dan lain-lain
e. mengadakan perbaikan gizi masyarakat
2. Secara keilmuan hidrologi, proses pembentukan danau tapal kuda dikaji dalam....
a. hidrogeografi
b. geohidrologi
c. kriologi
d. limnologi
e. potamologi
3. Danau yang terbentuk karena terisinya kepundan gunung berapi oleh air hujan disebut danau....
a. karst
b. bendungan
c. vulkanik
d. tektonik
e. erosi
4. Pemanfatan laut di zona litoral adalah....
a. pariwisata
b. penangkapan ikan
c, pembudidayaan rumput laut
d. pembuangan limbah
e. pembudayaan ikan tuna
5. Perhatikan aspek berikut:
(1) perdistribusian barang lancar
(2) tingkat pendidikan meningkat
(3) perubahan tingkah laku
(4) pendapatan penduduk meningkat
(5) peniruan mode berpakaian
Dari pernyataan di atas, akibat interaksi desa-kota dalam aspek budaya ditunjukan oleh nomor....
a. (3) dan (5)
b. (1) dan (2)
c. (4) dan (5)
d. (1) dan (3)
e. (2) dan (4)
6. Perhatikan pernyataan berikut.
1. Membangun etos kerja guru dengan tepat.
2. Memilih media pembelajaran yang sesuai.
3. Menggunakan ceramah yang tegas.
4. Menggunakan bahasa yang tepat.
5. Membangun iklim komunikasi dengan peserta didik.
6. Memberi tugas-tugas kelompok.
7. Mengembangkan keberagaman
Strategi komunikasi efektif antara guru dan peserta didik dapat dilakukan dengan cara....
a. 1,2,3,4
b. 3,4,5,6
c. 2,3,5,6
d. 4,5,6,7
e. 1,4,5,7
7. Contoh kegiatan pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....
a. mencatat hasil pengamatan cuaca setiap hari dan menganalisnya
b. membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
c. melihat video di internet tentang prakiraan cuaca selama sebulan
d. menganalisis prakiraan cuaca di negara-negara dari 5 benua
e. membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim di berbagai negara
8. Perhatikan hal-hal berikut ini.
1. Kemampuan akademik.
2. Motivasi.
3. Perilaku.
4. Keterampilan.
5. Sikap.
6. Kebiasaan belajar.
7. Lingkungan rumah.
8. Sosial ekonomi.
Karakter peserta didik yang harus dipahami oleh guru demi kesuksesan pembelajaran ditunjukkan dengan nomor ....
a. 4,5,6,7,8
b. 2,3,4,5,6
c. 1,3,4,5,7
d. 1,2,3,4,5
e. 3,4,5,6,7
9. Salah satu pemanfaatn SIG dalam bidang lingkungan hidup adalah....
a. perencanaan pembangunan desa wisata
b. analisis perencanaan tata ruang kota
c. analisis pembangunan real estate
d. pemantauan kawasan baru terbuka hijau
e. analisis kerusakan fasilitas umum
10. Gina termasuk anak yang cepat belajar. Prestasi belajarnya hampir pada semua bidang studi di atas KKM. Namun, Gina sering mendapat nilai di bawah KKM pada bidang studi menggambar, keterampilan, dan materi pelajaran menulis. Berdasarkan identifikasi faktor penyebab, kesulitan belajar Gina diduga disebabkan oleh....
a. tingkat kecerdasan intelektual berada di bawah rata-rata
b. kurang menyukai mata pelajaran menggambar dan Bahasa
c. tidak adanya fasilitas yang cocok bagi Gina untuk belajar
d. sikap negatif terhadap keterampilan dan menggambar
e. kemampuan motorik halus yang belum berkembang dengan baik
11. Tindakan yang perlu diambil apabila dampak sekunder gunung meletus semakin mengancam kehidupan adalah....
a. segera mencari tempat untuk berlindung dari bahaya letusan
b. mencari informasi umtuk menetukan langkah selanjutnya
c. memberi pertolongan darurat
d. melakukan evakuasi
e. melakukan rehabilitasi
12. Kegiatan pembelajaran pada model project based learning pada sintaks mendesain perencanaan produk adalah....
a. membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan produk/karya untuk dipaparkan kepada orang lain
b. peserta didik menyusun jadwal penyelesaian tugas proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan
c. peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan
d. peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru
e. mendiskusikan topik permasalahan kehidupan di lingkungan tempat tinggal peserta didik dan membandingkannya
13. Skala waktu geologi merupakan pengelompokkan waktu berdasarkan peristiwa yang terjadi secara berurutan dari sejarah bumi, yaitu Eon (Masa) yang terbagi menjadi Era (Kurun), Era dibagi-bagi kedalam Period (Zaman), dan Zaman dibagi bagi menjadi Epoch (Kala). Pada zaman Neogen, maka secara berurutan terdiri dari kala ....
a. holosen-miosen-pleosen-pleistosen
b. miosen-pleosen-pleistosen-holosen
c. pleistosen-pleosen-miosen-holosen
d. pleosen-pleistosen-miosen-holosen
e. holosen-pleistosen-miosen-pleosen
14. Pernyataan:
(1) meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan YME.
(2) menyaring budaya asing yang masuk ke negara kita harus yang sesuai dengan kepribadian bangsa
(3) menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya budaya sebagai jati diri bangsa
(4) ikut melestarikan budaya dengan cara berpartisipasi dalam pelaksanaannya
(5) mempelajari dan melakukan sosialisasi kepada orang lain untuk ikut menjaga atau melestarikannya
Berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia terdapat pada nomor....
a. (3), (4), dan (5)
b. (2), (4), dan (5)
c. (1), (2), dan (3)
d. (1), (3), dan (4)
e. (2), (3), dan (4)
15. Penanaman pohon di lereng-lereng dan pembuatan terasering merupakan tindakan yang tepat dalam....
a. kesiapsiagaan pada saat bencana banjir
b. pencegahan bencana banjir
c. mitigasi bencana banjir
d. kesiapsiaagaan pra bencana banjir
e. kesiasiagaan pasca bencana banjir
Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru Seni Budaya Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru
16. Potensi Sumber Daya Alam yang dimiliki daerah yang secara geologis berstruktur geosinklin adalah....
a. aluminium
b. emas
c. pasir besi
d. bauxit.
e. minyak bumi
17. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah....
a. memberikan penjelasan tentang pengetahuan baru dengan berbagai metode dan strategi belajar yang menarik
b. membimbing peserta didik dalam memperoleh pengetahuan baru agar dapat menambah kemampuan peserta didik
c. memberikan kegiatan yang merangsang keingintahuan peserta didik dan membantu mereka mengekspresikan gagasannya
d. memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
e. memahami tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
18. Kadang-kadang terjadi perpindahan penduduk dari satu wilayah ke wilayah lain. Salah satu perpindahan itu disebut migrasi. Perpindahan penduduk disebut migrasi apabila ....
a. perpindahan itu disertai anggota keluarga
b. di tempat baru ia menetap relatif cukup lama
c. di tempat baru ia memiliki tempat tinggal
d. perpindahan itu dimaksud untuk mencari mata pencaharian
e. perpindahan itu terjadi antar wilayah negara
19. Jenis tumbuhan:
(1) karet
(2) coklat
(3) tebu
(4) tembakau
Junghuhn membagi iklim di Indonesia berdasarkan ketinggian tempat dan jenis tumbuhan, jenis tumbuhan tersebut dapat tumbuh dengan baik pada zona suhu ....
a. 23,5 - 11,1°C
b. 17,1 - 11,1°C
c. 22 - 17,1°C
d. 26,3 - 22°C
e. 11,1 - 6,2°C
20. Jika suatu daerah memiliki ciri-ciri; musim panas yang hangat, musim dingin tidak terlalu dingin, mengalami musim gugur, dan curah hujan merata antara 75 - 1.000 mm pertahun. Jenis bioma yang sesuai dengan ciri tersebut adalah ....
a. hutan berdaun jarum
b. hutan hujan
c. hutan musim
d. hutan tropis
e. hutan taiga
21. Dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan, diperlukan ....
a. pemerataan pembangunan
b. transparansi pelaksanaan pembangunan
c. peraturan perundangan
d. komitmen pemerintah dan masyarakat
e. kajian daya dukung dan daya tampung lingkungan
22. Pernyataan:
(1) perencanaan tata guna lahan;
(2) perencanaan kawasan industri
(3) perencanaan perluasan jaringan listrik
Manfaat SIG sesuai pernyataan tersebut adalah untuk ....
a. pengawasan pemanfaatan perubahan lahan
b. pengaturan tata ruang kota
c. memantau kawasan padat dan kritis
d. perencanaan wilayah perkotaan
e. pengelolaah daerah yang tertinggal
23. Ketika Guru A melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, seperti memutar video pembelajaran, CD audio, dan/atau menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena mempertimbangkan ....
a. etnik peserta didik
b. kultural peserta didik
c. minat peserta didik
d. gender peserta didik
e. gaya belajar peserta adidik
24. Unsur interpretasi berupa tingkat kecerahan dan kegelapan suatu objek pada citra adalah....
a. ukuran
b. rona
c. warna
d. pola
e. tekstur
25. Perhatikan wacana berikut:
Kawasan industri di Cikarang menjadi kawasan pemusatan industri yang lebih bertujuan agar pengelolaanya dapat optimal. Di pusat industri tersebut dilaksanakan berbagai bentuk efisiensi sehingga dapat meningkatkan produktivitas hasil industri dan mutu produksi. Kemudian memberikan kemudahan bagi kegiatan industri seperti kontrol dalam hubungan tenaga kerja, bahan baku, dan pemasaran. Saat ini, upaya pemusatan industri di wilayah lain dipersiapkan untuk menyongsong perdagangan bebas di kawasan Asia Pasifik yang dimulai tahun 2020. Langkah-langkah yang dilakukan antara lain melakukan pemerataan lokasi industri sesuai dengan jumlah secara tepat dan berdaya guna, serta menyediakan fasilitas kegiatan industri yang berwawasan lingkungan.
Berdasarkan wacana tersebut, konsep esensial geografi yang tepat digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....
a. letak
b. diferensiasi area
c. pola
d. aglomerasi
e. keterjangkauan
Contoh Soal PPPK Guru Geografi Tahap 3 ( No. 26 - 30 )
26. Secara teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat membangun etos guru sebagai komunikator dalam pembelajaran?
a. Emosi dan intelektual.
b. Kepercayaan dan daya tarik.
c. Kepercayaan dan latar belakang budaya.
d. Daya tarik dan kecerdasan.
e. Daya tarik intelektual.
27. Pelestarian berbagai jenis hewan harus terus diupayakan untuk menghindari kelangkaan atau bahkan kepunahan jenis hewan tertentu. Upaya konservasi berupa kawasan suaka alam terhadap salah satu jenis hewan langka guna menghindari dari kepunahan, maka bentuk konservasi yang paling tepat adalah ....
a. suaka margasatwa
b. hutan lindung
c. taman hutan raya
d. taman nasional
e. cagar alam
28. Pengembangan kota seperti gambar akan lebih pesat pemekarannya kearah ... karena ....
a. 3, harga tanah masih murah
b. 2, lahannya masih luas
c. 5, pusat aktivitas manusia
d. 1, udara masih sejuk
e. 4, daerah maritim
29. Morfologi daerah yang membentuk pola aliran sungai pada gambar adalah....
a. daerah dataran pantai
b. daerah pegunungan
c. daerah cekungan
d. daerah lipatan
e. daerah patahan
30. Ciri iklim:
(1) suhu berkisar antara 22 - 26° C
(2) curah hujan tinggi
(3) terletak pada ketinggian 100 - 600 m dari muka laut
Aktivitas ekonomi penduduk sesuai dengan ciri di atas adalah ....
a. pertanian perkebunan tebu
b. perkebunan tanaman tembakau
c. perkebunan tanaman palawija
d. perkebunan tanaman kopi
e. perkebunan tanaman kina
Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru IPA SMP Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru
31. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah kemampuan....
a. mengemukakan pendapat
b. memecahkan masalah
c. berinteraksi
d. Berkomunikasi
e. mengintegrasikan diri
32. Perhatiakan gambar berikut!
Sumber gambar: https://www.intirakyat.com
Tenaga yang membentuk muka bumi di atas adalah proses ....
a. ablasi
b. masswasting
c. sedimentasi
d. abrasi
e. erosi
33. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar....
a. kognitivistik
b. rekonstruktivistik
c. behavioristik
d. humanistik
e. konstruktivistik
34. Siklus batuan:
Batuan pada angka 2 dan 5 sesuai dengan ilustrasi siklus batuan di atas, terbentuk karena proses....
a. pelarutan dan tekanan tinggi
b. suhu tinggi dan pendinginan
c. suhu dan tekanan tinggi
d. pengendapan dan pelarutan
e. pendinginan dan suhu tinggi
35. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu.
2. Kemampuan untuk menilai kesukaran sesuatu masalah.
3. Kemampuan untuk mengamati tingkat pemahaman dirinya.
4. Pengetahuan tentang bentuk yang lebih kompleks dan terorganisasi.
5. Kemampuan menggunakan berbagai informasi untuk mencapai tujuan.
6. Pengetahuan tentang eleman-elemen terpisah dan memiliki cirinya tersendiri.
Menurut Anderson dan Krathwoll, pernyataan di atas yang termasuk dimensi pengetahuan metakognitif
ditunjukkan dengan nomor ....
a. 1,2,3
b. 4,5,6
c. 1,4,6
d. 2,3,5
e. 3,4,6
36. Batubara dapat dimanfaatkan dalam proses proses pembuatan kertas. Karakter batubara seperti apa yang diperlukan untuk menunjang industri kertas tersebut adalah ....
a. menghasilkan gas murni sebagai hasil sampingan
b. menghasilkan panas tinggi dan stabil
c. kandungan karbon yang tinggi
d. mengandung nitrogen dan oksigen yang diperlukan dalam industri kertas
e. harganya murah dan mudah didapat
37. Pulau A dan pulau B jaraknya 320 km. Jarak tersebut akan digambar dengan ukuran 8 cm pada sebuah buku gambar. Skala yang digunakan adalah ....
a. 1:40.000
b. 1:400
c. 1:4.000.000
d. 1:400.000
e. 1:4.000
38. Karakteristik pertanian di negara berkembang berbeda dengan negara maju, yang ditunjukkan dengan ciri-ciri....
a. Pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan digunakan untuk industrialisasi, dijual, dan diekspor
b. pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan menggunakan sarana teknis yang modern
c. pertanian mengandalkan ilmu pengetahuan dan teknologi, sedangkan peternakan dan perikanan tradisional
d. pertanian termasuk peternakan dan perikanan diusahakan sebatas untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan keluarga
e. peternakan dan perikanan menggunakan sarana yang modern, sedangkan pertanian masih tradisional
39. Potensi obyek wisata:
(1) benteng
(2) istana kerajaan
(3) candi borobudur
(4) candi prambanan
(5) monumen nasional
Potensi obyek wisata sejarah Indonesia terdapat pada nomor....
a. (2), (4), dan (5)
b. (2), (3), dan (4)
C. (1), (2), dan (3)
d. (1), (3), dan (4)
e. (3), (4), dan (5)
40. Faktor yang menyebabkan terjadinya meander adalah....
a. terjadi erosi pada kelokan dalam dan pengendapan di kelokan luar
b. terjadi erosi pada kelokan luar dan pengendapan di kelokan dalam
c. adanya perbedaan kekerasan batuan di sepanjang aliran sungai
d. adanya perbedaan kekuatan arus disepanjang aliran sungai
e. terjadi erosi sehingga permukaan tanah terkelungkap
41. Pernyataan:
(1) sumber daya alam yang semakin berkurang
(2) kesempatan mendapatkan pendidikan
(3) menyempitnya lapangan pekerjaan karena masuknya teknologi
(4) kesempatan mendapatkan pendapatan lebih baik (alasan ekonomi)
Yang merupakan daya dorong orang melakukan migrasi adalah ....
a. (1) dan (3) benar
b. (1), (2), dan (3) benar
c. hanya (4) yang benar
d. semua benar
e. (2) dan (4) benar
42. Penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara tepat sifat-sifat individu, keadaan, gejala atau hal-hal yang khusus dalam masyarakat dan deskripsi fenomena alam. Jenis penelitian tersebut berdasar tujuannya termasuk penelitian ....
a. tindakan
b. persuatif
c. deskriptif
d. eksploratif
e. eksperimen
43. Perhatikan contoh soal HOTS di bawah ini!
Beragam permasalahan mendera Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, dari pembalakan kayu ilegal, penebangan mangrove, pabrik CPdi muara sungai sampai limbah pertambangan batu bara, menambah beban berat bagi lingkungan. Keragaman hayati kawasan inipun terancam. Berdasarkan kasus di atas, apa yang anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Jelaskan alasanmu!
Manakah indikator soal yang paling tepat untuk soal di atas?
a. Disajikan teks tentang ekosistem, peserta didik dapat menyebutkan komponen-komponen dalam ekosistem.
b. Disajikan teks tentang ekosistem, peserta didik dapat menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
c. Disajikan permasalahan tentang lingkungan hidup di tepi pantai, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis masalah yang terjadi.
d. Disajikan permasalahan kontekstual tentang ekosistem, peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep ekosistem.
e. Disajikan beberapa kasus dalam ekosistem, peserta didik dapat membandingkan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
44. Manakah di antara pernyataan berikut yang merupakan indikator kunci dari Kompetensi Dasar "Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa"?
a. Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya lokal.
b. Mengidentifikasi peran pemerintah dalam menyusun program unggulan untuk menyejahterakan masyarakat.
c. Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
d. Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
e. Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial kemasyarakatan.
45. Perhatikan tabel berikut ini!
Pasangan tumbuhan dan cara menyesuaikan diri dengan lingkungan yang tepat adalah....
a. (3) dan (c)
b. (1) dan (a)
c. (4) dan (b)
d. (2) dan (d)
e. (4) dan (1)
Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru IPS SMP Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru
46. Pernyataan:
(1) ketersediaan lahan
(2) teknologi
(3) keadaan iklim dan cuaca
(4) pendapatan perkapita
(5) angka harapan hidup
(6) angka ketergantungan
Berdasarkan pernyataan tersebut yang merupakan faktor yang mempengaruhi ketahanan pangan Indonesia ditunjukkan pada nomor ....
a. (1), (2) dan (4)
b. (4), (5) dan (6)
c. (1), (3) dan (4)
d. (2), (4) dan (6)
e. (1), (2) dan (3)
47. Pernyataan:
(1) terjadi penetrasi budaya dari kota ke desa yang tidak sesuai tradisi
(2) terjadi perubahan tata guna lahan pedesaan
(3) terjadinya pengurangan tenaga produktif di pedesaan
(4) masuknya teknologi tepat guna ke desa
(5) pengetahuan penduduk desa meningkat
(6) keterikatan adat sudah longgar
Pengaruh negatif mobilitas penduduk pada desa terdapat pada nomor ....
a. (3), (5) dan (6)
b. (1), (2) dan (3)
C. (2), (5) dan (6)
d. (1), (3) dan (5)
e. (2), (4) dan (6)
48. Negara-negara maju pada huruf X, Y, dan Z seperti gambar adalah ....
a. Amerika Serikat, Portugal, dan Korea Utara
b. Amerika Serikat, Belanda, dan Taiwan
c. Kanada, Inggris, dan Korea Selatan
d. Belanda, Portugal, dan Jepang
e. Amerika Serikat, Prancis, dan Jepang
49. Untuk membantu peserta didik mencapai target pembelajaran, pada umumnya guru mengajarkan materi pelajaran dari yang sederhana ke materi yang kompleks, memberikan soal dari yang mudah ke soal yang sulit. Hal itu antara lain merupakan implikasi pendidikan dari prinsip atau hukum perkembangan yang ....
a. dilaksanakan sesuai dengan sarana belajar
b. berawal pada diferensiasi dan berakhir pada integrasi
c. berlangsung sesuai dengan iramanya
d. dapat dipercepat melalui proses belajar
e. berlangsung secara bertahap
50. Negara yang seluruhnya terdiri dari satu atau lebih kepulauan dan dapat mencakup pulau-pulau lain adalah konsep ..
a. negara maritim
b. negara kepulauan
c. wawasan nusantara
d. negara continental
e. negara kesatuan
Demikian 50 Contoh Soal PPPK Guru Sosiologi Tahap 3 Tahun 2022 Terbaru yang bisa saya bagikan. Sampai jumpa kembali di kesempatan berikutnya dan sukses selalu untuk bapak ibu guru Geografi.
Salam Historia!