www.belajarsejarah.web.id - Hai bapak ibu guru PKn, para pahlawan tanda jasa yang sedang berjuang dalam seleksi pppk tahun 2021. Tidak terasa yah proses seleksi PPPK formasi guru sudah memasuki tahap yang 3 atau tahap terakhir.
Meski formasi yang tersedia semakin sedikit, tetapi jangan patah semangat yah bapak ibu guru. Teruslah panjatkan doa kepada Allah SWT agar selalu dimudahkan selama mengikuti proses seleksi PPPK formasi guru dan perbanyak ikhtiar dengan berlatih menjawab 50 contoh soal PPPK guru PKn tahap 3 tahun 2022 Terbaru ini. Semoga bermanfaat dan sukses selalu yah.
CONTOH SOAL PPPK KOMPETENSI TEKNIS GURU PKN
1. Perhatikan pernyataan berikut ini!
Urgensi dan esensi Pancasila telah menjadi suatu kekuatan spesial bagi bangsa Indonesia dilihat dari aspek historisnya. Hal tersebut memberikan semangat ekstra bagi bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang beradab, dan ber-akhlak mulia.
Pernyataan tersebut menunjukkan kausalitas Pancasila sebagai...
a. metodogis kewarganegaraan di Indonesia
b. akar kewarganegaraan di Indonesia
c. spirit kewarganegaraan di Indonesia
d. hakikat kewarganegaraan di Indonesia
e. substansi kewarganegaraan di Indonesia
2. Perhatikan pernyataan berikut ini!
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa tujuan nasional Negara Republik Indonesia yaitu "ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial". Nilai-nilai yang terkandung didalamnya antara lain:
1) kemerdekaan
2) tanggungjawab sosial
3) perdamaian abadi
4) keadilan Sosial
5) kompetisi Global
Berdasarkan pernyataan di atas, terdapat nilai-nilai dasar yang dapat dikembangkan dalam hubungan antarbangsa sebagai warga negara global yaitu...
a. 2), 3) dan 5)
b. 1), 2) dan 4)
c. 3), 4) dan 5)
d. 1), 2) dan 3)
e. 1), 3) dan 4)
3. Indonesia termasuk dalam kategori bangsa beragam. Keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia dapat ditunjukkan dari berbagai faktor. Bukti bahwa Indonesia memiliki tingkat keberagaman dengan tetap mengutamakan prinsip harmoni dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika adalah...
a. setiap daerah memiliki kebudayaan yang berbeda seperti rumah adat, pakaian adat, dan tarian tradisional
b. masyarakat Indonesia secara tersebar tinggal di daerah perkotaan dan pedesaan
c. peserta didik yang belajar di sekolah berasal dari berbagai daerah di Indonesia
d. pedagang di pasar membayar retribusi yang berbeda tergantung lokasi dan luas tokonya
e. masyarakat membantu pemerintah meningkatkan pendapatan negara di sektor pajak
4. Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Pendidikan politik dalam konteks negara Indonesia diarahkan agar warga negara memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap nilai-nilai dan norma-norma dasar ideologi nasional yakni Pancasila, sehingga mampu dilaksanakan dalam kehidupan nyata sehari-hari secara nalar dan bertanggung jawab. Agar warga negara dapat berpartisipasi dalam kehidupan politik bangsa maka dilaksanakan melalui ...
a. partai politik
b. indoktrinasi politik
c. pendidikan kewarganegaraan
d. pendidikan politik
e. kader pemimpin politik
5. Pendidikan kewarganegaraan merupakan pendidikan yang mampu mengarahkan pembentukan watak peserta didik untuk memiliki kesadaran sebagai salah satu warga negara global. Berdasarkan rekomendasi konsep kewarganegaraan multidimensional (muttidimentional citizenship) kesadaran tersebut termasuk dalam dimensi...
a. pribadi
b. global
c. sosial
d. temporal
e. spasial
6. Cermati pernyataan berikut ini!
Ketentuan tentang warga negara Indonesia tercantum dalam Pasal 26 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pengaturan tersebut menyatakan bahwa orang yang dapat menjadi warga negara Indonesia adalah....
1. orang-orang bangsa Indonesia asli
2. orang-orang bangsa lain yang sah sebagai warga negara
3. orang-orang asing yang beranak pinak di Indonesia
4. orang-orang yang bertempat tinggal di Indonesia
5. orang-orang yang mendapatkan kewarganegaraan istimewa
Berdasarkan pernyataan di atas, warga negara Indonesia berdasarkan Pasal 26 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ditunjukkan pada angka....
a. 1) dan 3)
b. 1) dan 2)
c. 4) dan 5)
d. 3) dan 4)
e. 2) dan 3)
7. Perhatikan ilustrasi berikut ini!
1) sekolah sebagai lembaga dasar dalam memecahkan masalah sosial
2) agar memahami masalah yang berkaitan penyelenggaraan negara
3) sekolah satu-satunya wadah bisa membekali warga negara yang sesuai zamannya
4) agar membekali sebagai warga negara yang cerdas dan baik terkait kehidupan bernegara
5) sekolah sebagai wadah membina warga negara terhadap berbagai persoalan bangsa
Berdasarkan ilustrasi di atas, pentingnya mempelajari isu kewarganegaraan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ditunjukkan pada angka...
a. 2) dan 3)
b. 1) dan 3)
c. 3) dan 4)
d. 4) dan 5)
e. 1) dan 2)
8. Keberagaman dalam masyarakat Indonesia memiliki keterkaitan yang kuat dengan upaya mewujudkan persatuan dan kesatuan. Hal tersebut dapat terwujud apabila....
a. warga negara membudayakan sikap toleransi dalam berinteraksi
b. bangsa Indonesia membudayakan sikap rendah diri ketika bersosialisasi
c. pemerintah mampu menghapus perbedaan dalam masyarakat
d. masyarakat Indonesia mampu menghilangkan perbedaan yang ada
e. pemerintah menjamin dan melindungi suku bangsa yang beragama sama
9. Makna yang terkandung dalam alinea pertama Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang paling tepat yaitu menunjukkan sikap....
a. subjektif bahwa Indonesia mendukung kemerdekaan dan perdamaian dunia
b. subjektif bahwa bangsa Indonesia ingin membebaskan diri dari penjajahan
c. objektif bahwa penjajahan tidak sesuai dengan peri-kemanusiaan dan peri-keadilan
d. subjektif bahwa penjajahan tidak sesuai dengan peri-kemanusiaan dan peri-keadilan
e. objektif dan subjektif bangsa Indonesia mendukung pertahanan keamanan dunia
10. Perhatikan data terkait sidang PPKI berikut ini!
1. membahas pasal-pasal konstitusi yang harus disempurnakan dengan cukup alot
2. membahas penyempurnaan konstitusi dengan cara musyawarah
3. menyusun kelengkapan konstitusi dari usulan anggota panitia kecil
4. menyempurnakan konstitusi berdasarkan usulan setiap peserta sidang
5. mengalami perbedaan pendapat dari usulan wilayah Indonesia Timur
Berdasarkan data di atas, proses perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai implementasi nilai-nilai demokrasi dalam menyusun landasan konstitusional kehidupan berbangsa dan bernegara ditunjukkan pada angka....
a. 4) dan 5)
b. 2) dan 4)
c. 3) dan 4)
d. 2) dan 3)
e. 1) dan 2)
11. Aktualisasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk sadar dan memahami Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berupa....
a. kesadaran berpolitik
b. kesadaran berkonstitusi
c. kesadaran berdemokrasi
d. kesadaran warga negara
e. kesadaran bernegara
12. Pendidikan kewarganegaraan diharapkan mampu membangun warga negara global yang memiliki kompetensi untuk dapat berpartisipasi dalam masyarakat global, maka ada beberapa peran yang bisa dilakukan guru yaitu...
a. meningkatkan kemampuan berkomunikasi
b. mengembangkan pengetahuan tentang isu-isu global
c. menguatkan nilai-nilai komitmen moral dan empati
d. menerapkan kesadaran menghormati pendapat
e. melatih keterampilan partisipatoris dalam masyarakat
13. Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Peserta didik mempelajari keberagaman suku bangsa, ras, dan agama yang ada di lingkungannya. Belajar menghormati dan menghargai perbedaan-perbedaan dalam berinteraksi dengan lingkungannya untuk membangun budaya dan keadaban kewarganegaraan.
Berdasarkan ilustrasi di atas, pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dilaksanakan dalam domain...
a. sosiokultural
b. kurikuler
c. konseptual
d. praksis
e. akademi
14. Norma adalah petunjuk hidup bagi tingkah laku manusia dan apabila dilanggar akan mendapat sanksi (ancaman hukuman). Norma juga dapat diartikan sebagai kaidah atau aturan-aturan bertindak yang dibenarkan untuk mewujudkan sesuatu yang penting, berguna, dan benar. Hal tersebut mengandung arti bahwa tujuan norma yang berlaku dalam masyarakat yaitu kewajiban bagi seseorang untuk....
a. tidak berbuat sesuatu oleh karena akibat-akibatnya dipandang merugikan
b. menjamin keharmonisan hidup agar dapat mengontrol bagi sikap dan tindakannya
c. berbuat sesuatu oleh karena akibat-akibatnya dipandang tidak diperbolehkan
d. mendapatkan hak sebagai warga negara yang hidup nyaman
e. menjamin pengendalian diri guna mengutamakan kepentingan bersama
15. Peraturan perundang-undangan nasional ini berada satu tingkat di bawah peraturan pemerintah dan berada satu tingkat di atas peraturan daerah provinsi. Peraturan yang dimaksud adalah....
a. Peraturan Daerah
b. Undang-Undang
c. Ketetapan M PR
d. UUD NRI Tahun 1945
e. Peraturan Presiden
Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru Sejarah Tahap 3 Tahun 2022
16. Cermati kasus berikut ini!
Isu gerakan pembentukan negara khilafah di bumi Indonesia, menjadi bahan propaganda esensi kebenaran Jihad dalam Islam. Sehingga tidak sedikit umat beragama Islam di Indonesia yang terjebak didalamnya. Kelompok Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) misalnya menginginkan terbentuknya negara Indonesia sebagai negara khilafah. Pemerintah mengkategorikannya sebagai organisasi anti Pancasila, sehingga gagasan khilafah dianggap mengganggu ketentraman bangsa Indonesia dan melunturkan jiwa pancasilais bangsa Indonesia.
Berdasarkan kasus di atas, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembelajarannya memberikan peran edukasi untuk mencegah dampak negatif radikalisme dan separatisme sebagai isu kewarganegaraan dalam konteks nasional melalui cara....
a. mengembangkan keterampilan untuk menyampaikan pendapat
b. menanamkan rasa cinta tanah air dalam praktik kehidupan sehari-hari
c. melatih untuk mereaktualisasi paham-paham radikalisme
d. mengembangkan potensi agar memancarkan nilai-nilai Pancasila
e. membentuk karakter agar bertanggung jawab terhadap kepentingan bersama
17. Perhatikan pernyataan berikut ini!
Tanggung jawab sosial merupakan bagian dari tingkat kesadaran, saling ketergantungan dan kepedulian sosial kepada orang lain, masyarakat dan lingkungannya. Implementasinya dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam bentuk.
1) mengkaji masalah-masalah sosial
2) memecahkan masalah-masalah sosial
3) mengumpulkan data konflik sosial
4) mendiskusikan etika berkomunikasi
5) mempresentasikan dengan teknologi
Berdasarkan pernyataan di atas, penguatan nilai tanggung jawab sosial dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ditunjukkan pada angka...
a. 1) dan 2)
b. 2) dan 4)
c. 2) dan 3)
d. 1) dan 3)
e. 4) dan 5)
18. Berikut pernyataan yang menunjukkan alasan Pancasila telah memenuhi syarat sebagai ideologi terbuka yaitu terkandung nilai-nilai....
a. praksis bersifat tetap dalam menghadapi berbagai permasalahan
b. bersifat tetap dalam menghadapi perubahan zaman
c. dasar yang berubah-ubah sesuai situasi dan kondisi
d. fleksibel dan mendorong ideologi baru sesuai zamannya
e. riil bersumber dari budaya dan pengalaman sejarah bangsa
19. Cermati wacana berikut ini!
Kecenderungan global pada saat ini meliputi masalah-masalah: ekologi, luasnya kemiskinan, tindak kekerasan komunal, obat terlarang, pertumbuhan penduduk, pengungsi, perdagangan dan hutang. Masalah-masalah tersebut merupakan masalah kritis yang dihadapi dalam kehidupan global dewasa ini (Sumber: Ilmu Kewarganegaraan, Wuryan & Syaefullah, 2008:161).
Berdasarkan wacana di atas, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam upaya membekali peserta didik agar memiliki kompetensi sebagai warga negara global yakni dengan cara....
a. kesadaran global dan berpikir kritis dalam menanggapi isu-isu global
b. keterampilan untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman
c. keterlibatan aktifitas dalam organisasi-organisasi kemasyarakatan
d. pengetahuan tentang konsep, prinsip dan prosedur kewarganegaraan global
e. strategi dan pemikiran kritis dalam menyikapi isu-isu kewarganegaraan
20. Kewarganegaraan sering dimaknai sebagai status legal yang memungkinkan seseorang untuk tinggal dan beraktifitas dalam suatu wilayah tertentu. Konsep demikian menunjukkan kewarganegaraan dalam arti yuri (hukum) yaitu kewarganegaraan yang terikat....
a. pada hukum antara negara dengan orang dan menimbulkan akibat secara yuridis
b. tempat tinggal dan memerlukan persamaan setiap daerah
c. secara formal pada sistematika yang terikat pada hukum publik
d. pada suatu negara karena adanya kesamaan sejarah dan penguasa
e. pada aturan hukum dan perlindungan terhadap penduduk daerahnya
21. Peserta didik dilatih untuk melaksanakan dan menegakkan peraturan sekolah, seperti kedisiplinan, ketertiban, kerapian, termasuk dalam ketepatan waktu pengerjaan tugas-tugas sekolah. Hal tersebut merupakan peranan strategis Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengimplementasikan...
a. pendidikan hukum
b. pendidikan moral
c. pendidikan politik
d. pendidikan demokrasi
e. pendidikan bela negara
22. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. kesenjangan ekonomi di antara negara dan orang di dalam negara akan melebar
2. teknologi informasi akan mengurangi masalah privasi setiap individu
3. ketidakmerataan antara yang punya akses teknologi informasi dan yang tidak memiliki akses informasi
4. konflik kepentingan antara negara maju dan negara berkembang yang berdampak pada lingkungan hidup
5. penggundulan hutan akan mempengaruhi keragaman dalam kehidupan
Pernyataan yang berkaitan kecenderungan-kecenderungan global di bidang politik terkait dengan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ditunjukkan pada angka....
a. 5)
b. 4)
c. 1)
d. 3)
e. 2)
23. Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Dalam konteks region ASEAN, isu kewarganegaraan berfokus mencakup bidang ideologi politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan dan agama yang juga merupakan bagian dari isu global. Persoalan radikalisme dan ekstrimisme merupakan isu sentral dalam konteks hubungan regional ASEAN. Isu radikalisme misalnya, yang terjadi pada kasus Islamic State of lraq and Syria (ISIS) di Irak Suriah diyakini mampu membangkitkan dan menginspirasi makar maupun aksi teror di regional Asia Tenggara.
Berdasarkan pernyataan di atas, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembelajarannya memberikan peran edukasi untuk mencegah dampak negatif radikalisme dan terorisme sebagai isu kewarganegaraan dalam konteks regional ASEAN melalui cara....
a. menerapkan pembelajaran berdasarkan prinsip humanisme yang tidak mempermasalahkan perbedaan
b. mengembangkan pendidikan multikultural yang menghormati keberagaman dalam konteks kewarganegaraan
c. mengembangkan pembelajaran bersendikan hak asasi manusia dalam konteks kewargaan smart and good
d. melatih kecakapan kewarganegaraan yang mempraktikkan sikap kewarganegaraan global
e. menerapkan nilai-nilai kemanusiaan dan persaudaraan sebagai upaya meminimalisir sikap radikal dalam tindakan
24. Ketentuan Pasal 27 sampai 34 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara materia mengatur tentang kewarganegaraan Indonesia tentang....
a. cara memperoleh kewarganegaraan Indonesia
b. siapa saja yang menjadi warga negara Indonesia
c. hak dan kewajiban warga negara Indonesia
d. pewarganegaraan Indonesia secara yuridis hukum
e. status dan kedudukan warga negara Indonesia
25. Perhatikan pernyataan berikut ini!
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan program pendidikan yang berfokus pada
pembentukan kepribadian yang berasaskan nilai-nilai Pancasila.
Pernyataan yang tepat dari tradisi citizenship transmision yang bertujuan agar peserta didik mempelajari dan meyakini konsep kewarganegaraan yang diajarkan guru dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraanyakni...
a. value competition
b. value inculcation
c. value transmision
d. value creation
e. value civic
26. Cermati wacana berikut ini!
Warga negara sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam konteks globalisasi memegang peranan penting terutama berkaitan dengan upaya memanfaatkan kemajuan teknologi dan komunikasi untuk kepentingan aktualisasi kompetensi warga negara. Diperlukan kompetensi warga negara guna mengantisipasi berbagai isu kewarganegaraan global yang kerapkali muncul dalam eskalasi yang tinggi.
Berdasarkan wacana di atas, peran pendidikan kewarganegaraan dalam membangun warga negara global adalah....
a. merekomendasikan konsep kewarganegaraan global dalam membangun kewarganegaraan multidimensi Abad 21
b. membekali warga negara dengan kemampuan yang relevan dengan kebutuhan dan tuntutan kehidupan global
c. mengembangkan peran warga negara yang bertanggung jawab terhadap isu kewarganegaraan global
d. membentuk karakter warga negara global yang memiliki budaya lokal sebagai identitas nasional
e. membekali warga negara dunia untuk dapat melintasi batas-batas budaya setempat
27. Cermati kasus berikut ini!
Stereotip penduduk asli dengan pendatang misalkan, dimana penduduk asli lebih diutamakan dan mempunyai kedudukan yang spesial dengan pendatang. Contoh, tragedi Sampit antara penduduk asli suku Dayak dengan pendatang suku Madura. Seluruh penduduk asli di kota Sampit Kalimantan Tengah dan bahkan meluas sampai keseluruh provinsi yang merasa tidak nyaman dengan keberadaan para pendatang dari suku Madura yang secara agresif berkembang untuk menguasai sektor industri komersil daerah kota sampit kalteng. Hal ini mengakibatkan kecemburuan sosial dan ekonomi oleh kalangan suku Dayak sehingga memicu perang antar suku.
Berdasarkan kasus di atas, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembelajarannya memberikan peran edukasi untuk mencegah dampak negatif etnosentrisme ataupun isu SARA melalui cara....
a. melatih peserta didik untuk bergaul dengan siapa saja tanpa ada batasnya
b. menerapkan pendidikan multikultural membina sikap toleransi dan kebebasan
c. menilai kebudayaan suku bangsa lain tidak lebih baik dari suku bangsanya
d. mengembangkan perilaku yang mengutamakan pentingnya persamaan
e. mendewasakan peserta didik untuk tidak mempermasalahkan adanya perbedaan
28. Perhatikan materi-materi pembelajaran berikut ini!
1) Lembaga pemerintah
2) Identitas nasional
3) Prosedur melapor kepada kepolisian
4) Disiplin diri
5) Peradilan yang bebas
6) Kemauan untuk mendengar
Berdasarkan materi pembelajaran di atas, civic disposition (watak kewarganegaraan) ditunjukkan pada angka....
a. 1) dan 2)
b. 3) dan 4)
c. 4) dan 6)
d. 2) dan 3)
e. 4) dan 5)
CONTOH SOAL PPPK PEDAGOGIK GURU PKN
29. Metode mengajar simulasi merupakan cara guru/pendidik mengajar yang interaktif dan sesuai dengan misi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai mata pelajaran yang menjadi wahana pendidikan demokrasi dan pembangunan nilai/karakter yang bertujuan ...
a. memberi implikasi pada interaksi dialogis dalam penalaran induktif
b. menitikberatkan pada proses pengkajian dan pemecahan masalah
c. memberi implikasi pengetahuan melalui interaksi argumentatif
d. menitikberatkan pada proses komunikasi yang tidak searah
e. menitikberatkan proses pelibatan diri, perubahan nilai dan sikap sosial
30. Teori yang menyatakan bahwa peserta didik selama kegiatan belajar lebih ditekankan untuk aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri merupakan aliran dari teori ....
a. humanistik
b. konstruktivistik
c. kognitivistik
d. behavioristik
e. sibernetik
Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru Sosiologi Tahap 3 Tahun 2022
31. Anak usia sekolah dasar berada pada tahap perekembangan kognitif operasional konkret. Menurut teori Piaget, salah satu kemampuan anak yang penting pada tahap ini adalah mampu mengurutkan benda dari yang terpanjang ke yang terpendek. Kemampuan kognitif ini termasuk kemampuan...
a. asimilasi
b. akomodasi
c. konservasi
d. diferensiasi
e. klasifikasi
32. Secara tersirat seorang guru/pendidik mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berdasarkan konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodo). Konsep tersebut merupakan implementasi dari kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru/pendidik, yaitu...
a. kompetensi kepribadian
b. kompetensi pedagogis
c. kompetensi sosiokultural
d. kompetensi sosial
e. kompetensi profesional
33. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah kemampuan....
a. mengemukakan pendapat
b. berinteraksi
c. berkomunikasi
d. memecahkan masalah
e. mengintegrasikan diri
34. Menurut Gagne, pengalaman belajar yang diperoleh melalui analisis suatu objek dengan memperhatikan ciri- ciri spesifik adalah....
a. diskriminasi
b. aplikatif
c. asosiasi verbal
d. sinyal
e. konsep
35. Hasil identifikasi bekal ajar awal peserta didik memiliki fungsi penting sebagai berikut, kecuali...
a. menetapkan peserta didik dalam kelompok unggul yang perlu diberi bea siswa atau penghargaan lainnya
b. menyeleksi tuntutan, kemampuan serta kecendrungan peserta didik memilih program pembelajaran selanjutnya
c. menentukan desain program pembelajaran sesuai kemampuan awal peserta didik.
d. memperoleh informasi lengkap dan akurat tentang kemampuan awal peserta didik sebelum mengikuti program pembelajaran
e. memilih dan menentukan metode dan media pembelajaran sesuai karakteristik eserta didik
36. Pada KD "Menganalisis hubungan antarsudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal", materi dan tingkat kognitif pada kompetensi dasar tersebut adalah ....
a. sudut-sudut dan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C4
b. hubungan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C4
c. hubungan antarsudut dengan tingkat kognitif C3
d. hubungan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C3
e. hubungan antarsudut dengan tingkat kognitif C4
37. Teori yang menyatakan bahwa seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri merupakan teori ....
a. konstruktivistik
b. humanistik
c. behavioristik
d. sibernetik
e. kognitivistik
38. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Pendidikan karakter bersumberkan nilai dan moral Pancasila
2. Mengorganisasikan pengembangan capaian pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar pengetahuan
3. Menerapkan berbagai model pembelajaran berorientasi pada pengembangan warga negara yang cerdas dan baik
4. Menerapkan model penilaian yang mengutamakan hasil pembelajaran secara intelektual
5. Proses pembelajaran mencakup integrasi kompetensi inti sikap, pengetahuan dan keterampilan
Berdasarkan pernyataan di atas, karakteristik Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Indonesia ditunjukkan pada angka berikut.
a. 1), 2), dan 3)
b. 3), 4), dan 5)
c. 1), 3), dan 5)
d. 1), 2), dan 4)
e. 2), 3), dan 4)
39. Seorang guru/pendidik yang melaksanakan sistem Among sebagai konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara hendaknya memberi kebebasan pada peserta didik untuk bergerak menurut kemauannya dan mampu mengembangkan komunikasi dalam berinteraksi merupakan penjabaran dari kompetensi guru yaitu....
a. kepribadian
b. sosiokultura
c. profesional
d. sosial
e. pedagogis
40. Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik memecahkan masalah lingkungan, Ibu Kartika menggunakan model pembelajaran project-based learning dengan menugaskan peserta didiknya membuat karya dari sampah organik, la merencanakan untuk menilai hasil karya peserta didik berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya dilakukan?
a. Observasi.
b. Penilaian praktik.
c. Penilaian produk.
d. Tes lisan.
e. Portofolio.
41. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu.
2. Kemampuan untuk menilai kesukaran sesuatu masalah.
3. Kemampuan untuk mengamati tingkat pemahaman dirinya.
4. Pengetahuan tentang bentuk yang lebih kompleks dan terorganisasi.
5. Kemampuan menggunakan berbagai informasi untuk mencapai tujuan.
6. Pengetahuan tentang eleman-elemen terpisah dan memiliki cirinya tersendiri.
Menurut Anderson dan Krathwoll, pernyataan di atas yang termasuk dimensi pengetahuan metakognitif ditunjukkan dengan nomor ....
a. 3,4,6
b. 1,4,6
c. 2,3,5
d. 4,5,6
e. 1,2,3
42. Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Pendidikan berbasis nilai mencakup keseluruhan aspek sebagai alternatif pengajaran atau bimbingan kepada peserta didik, agar menyadari nilai kebenaran, kebaikan, dan keindahan, melalui proses pertimbangan nilai yang tepat dan pembiasaan bertindak yang konsisten. Integrasi pendidikan nilai dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan mengembangkan bahan materi pembelajaran mencakup hal-hal berikut ini.
1. nilai moral harus menjadi isi dari setiap bahan materi pelajaran
2. transfer konsep nilai memerlukan waktu lama dalam pembelajaran
3. pendekatan multidimensional mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan
4. metode melalui indoktrinasi untuk patuh terhadap hukum
5. berpusat pada peserta didik agar aktif dalam proses pembelajaran
Berdasarkan ilustrasi tersebut, penyusunan materi pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai pendidikan nilai moral ditunjukkan pada angka....
a. 4), 5) dan 6)
b. 2), 3) dan 4)
c. 1), 2) dan 3)
d. 1), 3) dan 5)
e. 2), 3) dan 5)
43. Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar "Menganalisis hubungan antarkomponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar" adalah ....
a. menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem kita
b. membandingkan interaksi yang berlangsung dalam ekosistem
c. menyebutkan pengertian tentang ekosistem dengan jelas
d. menyebutkan komponen-komponen ekosistem dalam kehidupan
e. menganalis ekosistem di lingkungan tempat peserta didik
44. Ketika Guru A melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, seperti memutar video pembelajaran, CD audio, dan/atau menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena mempertimbangkan ....
a. etnik peserta didik
b. kultural peserta didik
c. minat peserta didik
d. gender peserta didik
e. gaya belajar pesertaa didik
45. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang mendorong partisipasi aktif peserta didik yaitu....
a. mengorganisasi rencana belajar
b. meremedial hasil belajar
c. memilih metode mengajar
d. mengelola penilaian pembelajaran
e. menyusun materi pembelajaran
Baca Juga : 50 Contoh Soal PPPK Guru PJOK SMP-SMA Tahap 3 Tahun 2022
46. Secara teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat membangun etos guru sebagai komunikator dalam pembelajaran?
a. Kepercayaan dan daya tarik.
b. Emosi dan intelektual.
c. Daya tarik dan kecerdasan.
d. Kepercayaan dan latar belakang budaya.
e. Daya tarik intelektual.
47. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) menunjukkan contoh perilaku toleransi
2) mengimplementasikan perilaku toleransi
3) memberikan contoh perilaku toleransi
4) mengamalkan dengan kesadaran moral
Pengembangan materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada tingkat menengah pertama ditunjukkan pada angka....
a. 2) dan 3)
b. 1) dan 2)
c. 2) dan 3)
d. 3) dan 4)
e. 1) dan 3)
48. Perhatikan pernyataan berikut.
• Mudah beradaptasi dan mampu mengelola kompleksitas
• Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko
• Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal
Sebagai bagian dari keterampilan Abad ke-21, pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari ....
a. inventive thinking
b. digital age literacy
c. effective communication
d. efficiency learning
e. high productivity
49. Perhatikan contoh soal HOTS di bawah ini!
Beragam permasalahan mendera Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, dari pembalakan kayu ilegal penebangan mangrove, pabrik CP di muara sungai sampai limbah pertambangan batu bara, menambah beban berat bagi lingkungan. Keragaman hayati kawasan inipun terancam.
Berdasarkan kasus di atas, apa yang anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Jelaskan alasanmu! Manakah indikator soal yang paling tepat untuk soal di atas?
a. Disajikan teks tentang ekosistem, peserta didik dapat menyebutkan komponen-komponen dalam ekosistem.
b. Disajikan permasalahan kontekstual tentang ekosistem, peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep ekosistem.
c. Disajikan beberapa kasus dalam ekosistem, peserta didik dapat membandingkan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
d. Disajikan permasalahan tentang lingkungan hidup di tepi pantai, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis masalah yang terjadi.
e. Disajikan teks tentang ekosistem, peserta didik dapat menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
50. Menurut Kohberg, tahap naively egoistic orientation dalam perkembangan moral peserta didik/anak yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan ....
a. akibat perbuatan
b. kontrak/imbal jasa
c. ketertiban sosial
d. hati nurani
e. persetujuan orang lain
Demikian informasi terkait 50 contoh soal PPPK guru PKn tahap 3 tahun 2022 Terbaru yang dapat saya bagikan kepada bapak ibu guru PKn di seluruh Nusantara. sampai jumpa di postingan berikutnya.
Salam Historia!