Hai sobat sejarah bertemu lagi dalam pembahasan latihan soal USBN sejarah Indonesia SMA paket 2 Kurtilas tahun 2022 beserta kunci jawabannya. Tentunya soal-soal di bawah ini tidak kalah menantangnya dengan latihan soal paket 1. Semoga dapat mengasah pengetahuan sobat sejarah dalam persiapan USBN tahun 2022. Selamat mengerjakan.
SOAL PILIHAN GANDA (SOAL USBN SEJARAH INDONESIA SMA PAKET 2)
01. Proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 merupakan peristiwa kehidupan manusia (Indonesia) pada masa lampau. Peristiwa tersebut dapat dikatakan sebagai peristiwa sejarah antara lain karena peristiwa tersebut bersifat abadi yaitu ....
A. peristiwa tersebut hanya terjadi satu kali
B. peristiwa itu terus mengalami perubahan
C. menjadi pedoman hidup bermasyarakat
D. peristiwa tersebut dikenang sepanjang masa
E. menjadi momentum yang sangat penting
02. Perhatikan wacana di bawah ini !
Seorang sejarawan sedang meneliti sebuah peristiwa sosial yang terjadi pada masa lalu tentang terjadinya penyerobotan lahan petani oleh para pengusaha. Ia melakukan wawancara dengan orang yang ahli pada masalah itu, mendengar dan membaca pendapat umum tentang hal itu. Ia juga melakukan wawancara terhadap kedua belah pihak yang bersengketa, juga pendapat para pejabat yang berkaitan dengan masalah itu. Sejarawan itu juga melakukan penelitian tentang dokumen di Badan Pertanahan Nasional (BPN), dokumen pengadilan, dan koran hasil liputan para jurnalis yang menyaksikan peristiwa penyerobotan tersebut.
Berdasarkan wacana tersebut, maka yang disebut sebagai sumber primer adalah ....
A. pendapat yang disampaikan pejabat yang berkompeten
B. kedua pihak yang bersengketa yaitu petani dan pengusaha
C. dokumen di BPN, dokumen pengadilan dan liputan jurnalis
D. pendapat orang yang ahli tentang masalah sengketa tanah
E. mendengar pendapat yang disampaikan oleh masyarakat
03. Peristiwa sejarah terjadi dengan mengikuti hukum kausalitas atau sebab-akibat, sehingga saling terkait antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya. Oleh karena itu, penyusunan peristiwa sejarah harus dilakukan secara kronologis yaitu ....
A. membuat urutan waktu peristiwanya
B. mencari waktu yang tepat untuk penelitian
C. perlunya waktu dalam mempelajari sejarah
D. menetapkan waktu dalam penulisan sejarah
E. membuat periodesasi berdasarkan waktu
04. Peristiwa sejarah merupakan suatu proses perubahan dan berkesinambungan yang terjadi dalam kehidupan manusia di masa lampau. Perubahan dan kesinambungan tersebut selaras dengan perjalanan waktu. Hal ini menunjukkan bahwa peristiwa sejarah itu adalah ....
A. tidak memiliki hubungan dengan peristiwa masa kini
B. tergantung siapa yang menjadi penulis sejarah itu
C. tergantung siapa yang menjadi pelaku dan saksinya
D. adanya hubungan antara pelaku dan penulis sejarah
E. ada keterkaitan peristiwa yang satu dengan lainnya
05. Sejarah itu bersifat saling keterkaitan dari satu peristiwa ke peristiwa yang lain dan terus mengalami keberlajutan hingga ke masa depan. Dalam ilmu sejarah, konsep ini dikenal dengan diakronis. Sedangkan pada ilmu-ilmu sosial lainnya dalam mengkaji kehidupan manusia mengacu pada konsep berfikir sinkronis yaitu ....
A. menyempit dalam ruang dan waktu
B. meluas dan melebar dalam ruang
C. memanjang dalam ruang dan waktu
D. terbatas pada ruang dan waktu tertentu
E. tidak memiliki batasan dalam waktu
06. Kajian tentang sejarah pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari konsep ruang dan waktu. Berkaitan dengan hal tersebut, jika mengkaji sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia, maka “konsep waktunya” adalah ....
A. Sukarno dan Hatta berperan sebagai proklamator
B. pengibar bendera Latif Hendraningrat dan Suhut
C. dilaksanakan di jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta
D. dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945
E. bendera merah putih dijahit oleh Fatmawati
07. Langkah verifikasi dalam penelitian sejarah merupakan langkah untuk mengkritisi sumber-sumber sejarah yang berhasil dikumpulkan. Langkah verifikasi ini terdapat dua cara yaitu kritik intern dan kritik ekstern. Dalam kritik ekstern dilakukan untuk mengkritisi tentang ....
A. ketuaan suatu peninggalan sejarah
B. isi dari suatu peninggalan sejarah
C. keaslian suatu peninggalan sejarah
D. obyektifitas penyusunan kisah sejarah
E. ketepatan dalam menggunakan sumber
08. Perhatikan data berikut !
(1) Tinggi tubuh berkisar 165-180 cm
(2) Tonjolan kening tebal dan melintang sepanjang pelipis
(3) hidung lebar dan tidak punya dagu
(4) Isi tengkorak sekitar 750-1300 cc
(5) Ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1890
(6) Ditemukan di trinil, lembah Bengawan Solo
Data tersebut sesuai dengan ciri-ciri manusia purba jenis....
A. Meganthropus Palaeojavaniscus
B. Pithecanthropus Errectus
C. Homo Wajakensis
D. Homo Soloensis
E. Homo Sapien
09. Perhatikan perbandingan kehidupan manusia praaksara dalam tabel berikut yang benar adalah....
A. Cara mengerjakan alat kehidupanya - masih kasar - satu sisi sudah dihaluskanB. Corak kehidupan - Food gathering - berhuma/sistem tadah hujan
C. Tempat tinggal - berpindah-pindah - menetap di gua-gua
D. Konsep kepercayaan - animisme - dinamisme dan totemisme
E. Cara hidup - berkelompok kecil-kecil - berkelompok dalam sebuah desa
10. Perhatikan pernyataan berikut !
Pada prasasti Tugu yang berisi tentang penggalian Sungai Gomati merupakan bukti raja sangat memperhatikan kemakmuran rakyatnya.
Pernyataan tersebut menggambarkan kehidupan perekonomian kerajaan....
A. Kutai
B. Tarumanegara
C. Sriwijaya
D. Mataram Hindu-Budha
E. Medang
11. Perhatikan gambar hasil budaya praaksara berikut !
Di antara gambar hasil budaya tersebut merupakan hasil budaya Palaeolithikum dan digunakan untuk mengorek ubi atau keladi dari dalam tanah dan juga dapat digunakan menangkap ikan adalah...A. GB. 1 kapak berimbas
B. GB. 2 kapak genggam
C. GB.3 kapak lonjong
D. GB. 4 kapak persegi
E. GB. 5 budaya Ngandong
12. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Lembaga Dharmadyaksa Ring Kasaiwan
(2) Lembaga Dharmadyaksa Ring Kasogatan
(3) Semboyan Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa
Pernyataan tersebut menunjukan bahwa kerajaan Majapahit merupakan….
A. negara yang ingin mewujudkan supremasi hukum
B. negara yang mengandalkan pada sektor maritim dan agraris
C. kerajaan yang mengembangkan hidup bertetangga baik
D. kerajaan yang mengembangkan toleransi umat beragama
E. kerajaan yang mengembangkan pemerintahan sentralisasi
13. Pergantian tahta kerajaan Singasari banyak diwarnai oleh adanya pertumpahan darah, dan baru berakhir pada masa pemerintahan Wisnu Wardhana, karena....
A. kutukan keris Mpu Gandring sudah berakhir
B. Kertanegara diangkat menjadi ywa raja (raja muda)
C. berusaha memperkokoh kedudukanya melalui Tantrayana
D. Kertanegara mengambil menantu Raden Wijaya
E. mengangkat Mahesa Campaka menjadi Ratu Angabaya
14. Pada masa pemerintahan Raja Wawa kegiatan politik Mataram Jawa Tengah dipindahkan ke Jawa Timur oleh Mpu Sindok pada abad 10 M. Salah satu faktor perpindahan tersebut adalah....
A. kegiatan perdagangan di Jawa tengah mengalami kehancuran akibat bencana banjir
B. di Jawa Timur banyak sungai besar yang menguntungkan untuk kegiatan perdagangan
C. tidak ada sungai besar dan dalam di Jawa Tengah untuk mengembangkan kegiatan perdagangan
D. banyak pedagang yang singgah di pelabuhan Jawa timur yang dapat dimanfaatkan jual beli hasil petanianya
E. Jawa Timur memiliki potensi dalam mendukung kegiatan pembangunan monumen-monumen keagamaan
15. Perhatikan pernyataan berikut ini.
(1) Memiliki daerah pertanian luas dan subur.
(2) Memiliki komoditi ekspor beras, madu dan lilin.
(3) Memperoleh keuntungan besar sebagai bandar transito perdagangan
Pernyataan berikut yang berkaitan dengan Kerajaan Demak adalah....
A. perekonomian Demak berkembang ke arah maritim dan pertanian
B. kerajaan Demak dapat mencapai puncak kejayaan
C. faktor ekonomi mendukung perkembangan Islam
D. perekonomian Demak berkembang kearah pertanian
E. perekonomian Demak berkembang kearah perdagangan
Kerjakan Juga : Latihan Soal USBN Sejarah Peminatan Tahun 2022 Paket 2
16. Pondok Pesantren merupakan salah satu sarana pendidikan dalam penyebaran Islam di Indonesia. Proses pendidikan melalui Pondok Pesantren ini berjalan paling efektif dalam penyebaran Islam di Indonesia, disebabkan ....
A. santri lebih banyak menerima ilmu kesaktian
B. guru dan santri tinggal bersama untuk belajar agama
C. santri dapat menerima ilmu agama dan pengetahuan
D. guru dan santri dapat belajar bersama ilmu agama
E. dalam pondok pesantren diajar ilmu tasawuf
17. Perhatikan pernyataan budaya berikut ini.
(1) Upacara Sekaten
(2) Menebar bunga di perempatan jalan
(3) Menaruh sesaji di rumah setiap Jum`at legi
(4) Kendurian memperingati 40, 100 hari kematian
Budaya tersebut sampai saat ini masih berkembang dalam kehidupan masyarakat Indonesia, karena...
A. seni budaya merupakan salah satu sarana penyebaran Islam
B. budaya Islam sangat toleran terhadap perkembangan budaya lain
C. sesuai dengan konsep dasar budaya bangsa Indonesia
D. merupakan tradisi nenek moyang bangsa Indonesia
E. budaya tersebut merupakan magic relegius
18. Ekspedisi penjelajahan samudra bangsa Portugis di bawah pimpinan Alfonso de‘ Albuquerque pada tahun 1511 berhasil menduduki Malaka. Penguasaan daerah tersebut disebabkan ....
A. Malaka merupakan pusat perdagangan di Asia Timur
B. untuk mengawal perdagangan di kawasan Asia Tenggara
C. merupakan yang sangat strategis sebagai tempat transit
D. pusat perdagangan rempah-rempah Asia Tenggara
E. batu loncatan untuk menguasai kerajaan Aceh
19. Politik Etis merupakan politik balas budi yang diterapkan pemerintah kolonial Belanda terhadap rakyat Indonesia. Kebijakan tersebut, selain berdampak negatif juga berdampak positif bagi bangsa Indonesia. Salah satu dampak positif kebijakan tersebut adalah....
A. lahirnya kaum terpelajar nusantara yang sadar akan nasib bangsanya
B. rakyat nusantara mengenal sistim pemerintahan modern yang sangat kuat
C. lahirnya kesadaran para kaum bangsawan pribumi tentang kewajibannya
D. memperkenalkan kerja rodi untuk penghematan pemerintah kolonial
E. terbentuknya kelompok pengusaha pribumi yang memiliki akses internasional
20. Pada tabel organisasi pergerakan nasional di bawah ini yang memiliki persamaan sifat dan corak sebagai organisasi sosial keagamaan adalah ....
A. Nadhatul Ulama - Sarekat Islam
B. Sarekat Islam Merah - Sarekat Islam Putih
C. Parkindo - Muhammadiyah
D. Nadhatul Ulama - Muhammadiyah
E. Partai Nasional Indonesia - Indische Party
21. Pembubaran PNI menimbulkan pro kontra bagi para pemimpin PNI. Kelompok yang pro pembubaran kemudian mendirikan Partindo, sedang kelompok yang kontra pembubaran kemudian mendirikan PNI-Pendidikan. Dilihat dari garis perjuangan, Partindo dan PNI-Pendidikan memiliki perbedaan. Jika Partindo dalam mencapai cita-cita kemerdekaan dengan menitik beratkan pada penggalangan dan penyusunan kekuatan, sedangkan PNI-Pendidikan menitikberatkan pada perjuangan untuk ...
A. menyatukan langkah berbagai bidang gerakan
B. mencari dukungan politik dari dewan rakyat
C. memberikan pencerahan dan kematangan jiwa bagi rakyat
D. menjalin kerjasama dengan pemerintah kolonial
E. penyatuan gerakan dari seluruh organisasi pergerakan
22. Strategi perjuangan bangsa Indonesia melawan kolonial Belanda terdapat perbedaan sebelum dan sesudah tahun 1908 (Budi Utomo). Jika sebelum tahun 1908 bangsa Indonesia menggunakan strategi perjuangan konfrontasi, maka sesudah tahun 1908 strategi perjuangannya adalah ....
A. mengandalkan perlawanan fisik
B. dengan perjuangan diplomasi
C. menggunakan kekuatan senjata
D. belum terkoordinasi antar daerah
E. dipimpin kalangan bangsawan
23. Perhimpunan Indonesia merupakan penjelmaan dari Indische vereeniging yang didirikan oleh mahasiswa mahasiswa Indonesia di negeri Belanda pada tahun 1908. Pendirian organisasi mahasiswa tersebut pada awalnya bertujuan....
A. mencapai kemerdekaan dalam persemakmuran
B. mencari dukungan dari parlemen di negeri Belanda
C. menghimpun seluruh kekuatan di kancah internasional
D. upaya untuk menggalang persatuan dan kesatuan bangsa
E. mengurus kepentingan bersama sebagai orang perantauan
24. Dalam sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 Soekarno dan Hatta meminta kesediaan tokoh-tokoh Islam agar merevisi UUD termasuk perubahan sila pertama Pancasila yang hasilnya sebagaimana yang ada saat itu. Kesediaan tokoh-tokoh Islam tersebut dapat disimpulkan ....
A. penduduk Indonesia sebagian besar menganut agama Islam
B. kalangan nasional dan Islam telah berhasil menetapkan Piagam Jakarta
C. konstitusi negara tidak dapat dijalankan oleh semua masyarakat Indonesia
D. memiliki jiwa besar untuk tetap terciptanya persatuan dan kesatuan
E. golongan Islam memiliki peranan besar dalam mengubah konstitusi
25. Dukungan terhadap proklamasi kemerdekaan selain dilakukan berbagai unsur masyarakat, juga dilakukan Sri Sultan Hemengkubuwono IX pada tanggal 5 September 1945. Wujud dukungan Sultan Yogyakarta tersebut berupa pernyataan politik yaitu ....
A. siap hidup berdampingan dengan negara kesatuan RI
B. menawarkan kota Yogyakarta menjadi ibukota RI
C. wilayah Yogyakarta menjadi bagian dari wilayah RI
D. menawarkan istana kesultanan sebagai pusat pemerintahan
E. siap bekerja sama untuk mengusir kolonial Belanda
26. Pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 04.30 waktu Jawa konsep naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia telah selesai disusun, kemudian Ir. Soekarno membacakan dan meminta semua hadirin untuk menandatangani naskah tersebut selaku wakil-wakil Bangsa Indonesia, namun tokoh-tokoh pemuda menentangnya karena ....
A. tidak semua tokoh yang hadir punya peran besar dalam proses perumusan
B. tidak semua tokoh yang hadir menyetujui rumusan naskah proklamasi kemerdekaan
C. para tokoh yang hadir bukan merupakan perwakilan daerah-daerah di Indonesia
D. yang hadir dalam perumusan teks proklamasi kemerdekaan tersebut sangat banyak
E. tidak semua tokoh-tokoh yang hadir mengabdi kepada kepentingan kemerdekaan
27. Perhatikan beberapa pernyataan di bawah ini
(1) Peredaran mata uang Jepang yang tidak terkendali
(2) Lahan perkebunan rusak akibat perang
(3) Kondisi politik dan keamanan yang sangat stabil
(4) Adanya blokade ekonomi oleh Belanda
(5) Belum kembalinya serdadu-serdadu Jepang
Faktor yang menyebabkan buruknya kondisi ekonomi dan keuangan Indonesia pada masa awal kemerdekaan Indonesia adalah ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (1), (2), dan (4)
D. (1), (3), dan (5)
E. (2), (3), dan (5)
28. Masa demokrasi parlementer pemerintah menerapkan sistem multipartai. Hal ini didasarkan pada Maklumat Pemerintah 03 November 1945 yang menyatakan partai politik sebagai alat perjuangan menegakkan dan mengisi kemerdekaan. Tetapi kenyataannya pada masa itu kondisi politik di Indonesia tidak stabil.
Perhatikan pernyataan berikut ini terkait dengan bacaan di atas !
(1) konstituante gagal melaksanakan tugasnya
(2) kabinet sering mengalami jatuh bangun
(3) partai politik lebih mementingkan golongannya
(4) presiden ingin memegang kekuasaan politik
(5) presiden menawarkan konsepsi kepada konstituante
Dari pernyataan di atas yang merupakan latar belakang masa demokrasi parlementer kondisi politiknya tidak stabil ditunjukkan dengan nomor yaitu ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
29. Pada masa demokrasi terpimpin peran presiden Sukarno semakin besar, bahkan mendominasi percaturan politik di Indonesia. Hal ini berdampak kebijakan-kebijakan presiden Sukarno dinilai ada yang tidak sesuai dengan UUD 1945 yang baru saja dijadikan sebagai landasan konstitusi dalam pelaksanaan demokrasi terpimpin. Contohnya dalam menentukan anggota MPRS dan DPAS, langkah yang dilakukan presiden adalah ... .
A. dengan meminta pertimbangan ketua DPA
B. dipilih melalui proses pemilihan umum
C. berdasarkan usulan ketua partai politik
D. melalui sistem seleksi dan uji kompetensi
E. menunjuk langsung orang yang dikehendaki
30. Di lihat dari proses penyelesaian peristiwa DI/TII di Aceh sangat berbeda dengan penyelesaian DI/TII di berbagai daerah seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan. Keistimewaan penyelesaian DI/TII di Aceh tersebut yaitu ....
A. bekerja sama dengan GAM
B. menerapkan darurat militer
C. penyelesaian secara damai
D. menggunakan mediator asing
E. menggunakan operasi militer
Kerjakan Juga : Latihan Soal USBN Sejarah Peminatan Taahun 2022 Paket 3
31. Pemberontakan APRA yang terjadi di negara bagian Pasundan (Bandung) 23 Januari 1950 menjadi tragedi politik dan ideologi nasional. Pemberontakan yang dipimpin Raymond Westerling tersebut antara lain disebabkan ....
A. mendukung gerakan penyatuan negara federal ke RI
B. kepercayaan masyarakat akan datangnya Ratu Adil
C. RI menolak keinginan negara Pasundan untuk bergabung
D. upaya bangsa Belanda untuk menerapkan politik adu domba
E. adanya kepentingan Belanda dalam mengamankan ekonominya
32. Perhatikan data hasil sidang PPKI pertama tanggal 18 Agustus 1945 di bawah ini:
(1) Mengesahkan dan menetapkan UUD negara
(2) Memilih dan menetapkan Soekarno dan Hatta sebagai presiden wakil presiden RI
(3) Membentuk Komite Nasional untuk membantu tugas presiden.
Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa peran PPKI adalah… .
A. badan yang mewakili pemerintah Jepang di Indonesia
B. mempersiapkan bentuk negara sesuai konstitusi Jepang
C. melanjutkan tugas BPUPKI yang sudah selesai tugasnya
D. bertugas mempersiapkan pembentukan pemerintahan
E. menjembatani komunikasi pemerintah dengan Jepang
33. Pada sidang PPKI pada tanggal 22 Agustus 1945 diputuskan tentang pendirian PNI sebagai satu-satu partai di Indonesia. Pembentukan partai tunggal ini dinilai sebagai negara totaliter bentukan Jepang. Untuk mengantisipasi hal tersebut pemerintah pada tanggal 3 November 1945 mengeluarkan maklumat tentang pendirian partai-partai politik. Makna keluarnya maklumat tersebut adalah ....
A. terbentuk sistem pemerintahan totaliter
B. Indonesia menganut sistem multi partai
C. pemerintah menganut sistem mono partai
D. mengembangkan sistem parlementer
E. mengembangkan sistem presidentil
34. Perhatikan tabel berikut ini :
Yang termasuk agenda Reformasi yang diusung para demonstran ditunjukkan pada nomor ....A. X1, X2, dan X3
B. X1, X2, dan Y2
C. X1, X3, dan Y2
D. X2, X3, dan Y2
E. X3, Y1, dan Y3
35. Pada masa awal orde baru, pemerintah melakukan penataan politik luar negeri antara lain membangun hubungan baik (normalisasi) dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara, khususnya dengan Malaysia. Salah satu bukti kebijakan normalisasi tersebut adalah ... .
A. ikut memprakarsai pembentukan ASEAN
B. Indonesia kembali menjadi anggota PBB
C. membentuk perdagangan bebas di ASEAN
D. tidak ikut serta menjadi anggota SEATO
E. ikut mengirim pasukan perdamaian dunia
36. Pemuda mempunyai peranan yang sangat strategis dalam perubahan jaman, dimulai dari Budi Utomo, Sumpah Pemuda, peristiwa menjelang proklamasi kemerdekaan maupun turut berkontribusi dalam perubahan politik di Indonesia antara lain naiknya Suharto menjadi penguasa Orde Baru juga tidak lepas dari kontribudi golongan pemuda. Walaupun pada akhirnya golongan pemuda juga yang melakukan gerakan yang menuntut mundurnya Suharto karena ....
A. banyaknya perusahaan asing yang dinasionalisasi
B. kalangan demonstran menguasai gedung DPR/MPR
C. merosotnya nilai rupiah terhadap dollar Amerika
D. adanya praktik KKN dalam pemerintahan orde baru
E. perekonomian mengacu pada pasal 33 UUD 1945
37. Tampilnya BJ. Habibie menjadi presiden RI menggantikan presiden Suharto. Masa pemerintahan BJ. Habibie relatif pendek, meskipun demikian terdapat keberhasilan yang berhasil dicapai diantara di bidang politik yaitu ... .
A. lepasnya Timor Timur dari NKRI
B. pelaksanaan pemilu yang luber dan jurdil
C. berakhirnya peran serta ABRI di DPR
D. menegakkan supremasi hukum
E. memperkuat sektor keuangan dan perbankan
38. Pemerintahan Abdurrahman Wachid tidak berlangsung lama, hanya sekitar 2 tahun. Meskipun demikian banyak terjadi perubahan antara lain terhadap golongan minoritas sehingga Abdurrahman Wachid mendapat penghargaan sebagai Bapak Pluralisme, hal ini disebabkan ....
A. menyatakan agama Khonghu Chu sebagai agama yang diakui oleh pemerintah
B. mengembalikan nama Papua yang sebelumnya oleh Ir. Soekarno diberi nama Irian
C. memperbolehkan diselenggarakannya perayaan Imlek untuk umat Konghu Chu
D. memperbolehkan adanya perkawinan antara keturunan China dengan penduduk asli
E. menyatakan aliran kepercayaan diperbolehkan dianut bagi yang tidak memeluk salah satu agama resmi
39. Pada masa reformasi, MPR melaksanakan beberapa kali amandemen UUD 1945. Salah satu amandemen yang dilakukan pada masa pemerintahan Megawati terkait dengan pengalaman terpilihnya Gusdur menjadi orang nomor satu di Indonesia adalah ....
A. masa jabatan Presiden dibatasi, maksimal dua periode
B. pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung
C. pemilih hak suara dapat memilih secara langsung wakilnya
D. syarat dan ketentuan calon presiden dan wakil presiden
E. tata cara tentang penunjukan sebagai anggota kabinet
40. Perbedaan pelaksanaan demokrasi pada masa orde baru dan reformasi antara lain yaitu ...
A. Keterlibatan rakyat bidang politik tinggi | Keterlibatan rakyat bidang politik rendah
B. Kepala daerah dipilih secara langsung oleh rakyat | Kepala daerah dipilih melalui sidang DPRD.
C. Tidak bebas mendirikan partai politik | Bebas mendirikan partai politik
D. Para menteri ditentukan oleh para ketua partai politik | Presiden memiliki hak prerogatif dalam memilih para menteri
E. Presiden berkedudukan sebagai kepala negara | Presiden berkedudukan sebagai kepala pemerintahan
SOAL URAIAN (SOAL USBN SEJARAH INDONESIA SMA PAKET 2)
41. Jika anda seorang peneliti sejarah, maka anda akan berupaya untuk mencari dan mengumpulkan sumber sejarah agar dapat mengungkap peristiwa sejarah yang anda jadikan obyek penelitian. Sebutkan dan jelaskan 3 jenis sumber sejarah!
42. Perhatikan hasil budaya pada jaman Megalithikum berikut:
(1) Menhir
(2) Dolmen
(3) Sarkofagus
(4) Punden berundak-undak
Jelaskan konsep kepercayaan masyarakat praaksara berdasarkan hasil budaya tersebut!
43. Perjuangan bangsa Indonesia dapat dikelompokkan dalam perjuangan sebelum 1908 dan sesudah tahun 1908. Identifikasikan 4 (empat) perbedaan dari dua tahap perjuangan tersebut di atas!
44. Dalam perjalanan sejarahnya Indonesia pada awal kemerdekaan menerapakan berbagai sistem demokrasi, antara lain pelaksanaan demokrsi terpimpin. Hal tersbut dilakssanakan untuk mencapai stabilitas bangsa yang mantap, lalu bagaimanakah kesimpulanmu mengenai pelaksanaan demokrasi liberal?
45. Bila pada tahun 1966 kesatuan-kesatuan aksi turun kejalan menuntut yang dkita kenal dengan “Tritura”, maka pada tahun 1998 mahasiswa juga kembali melakukan demonstrasi dengan mengusung “ Agenda Reformasi”. Sebutkan perbedaan isi dari masing-masing tuntutan tersebut !