Latihan Soal Sejarah Peminatan Kelas X Kota Semarang Tahun 2017

belajarsejarah.web.id - Berikut ini adalah latihan soal sejarah peminatan untuk kelas X untuk mengasah pengetahuan sobat tentang sejarah khususnya bagi kalian yang sedang saat ini sedang duduk di bangku SMA / SMK kelas X. Selamat mengerjakan.

Latihan Soal Sejarah Peminatan Kelas X Kota Semarang Tahun 2017

Latihan Soal Sejarah Peminatan Kelas X Kota Semarang Tahun 2017


Petunjuk : 

(1). Tidak ada batasan waktu pengerjaan soal.
(2). Pilihlah jawaban yang paling benar dari opsi jawaban yang tersedia.
(3). Buka kunci jawaban dan pembahasan setelah sobat menjawab semua soal yang tersedia.



1. Masa pra aksara dianggap sebagai periode awal kehidupan manusia. Masa pra aksara berlangsung ketika...

A. manusia mampu membual prasasti
B. manusia belum mengenal catatan tertulis
C. manusia mampu membaca aksara
D. manusia belum mengenal budaya
E. masyarakat sudah mengenal suku

2. Jenis manusia purba yang ditemukan oleh Von KoenigswakJ di Indonesia berasal dari lapisan piestosen bawah adalah....

A. Pithecanthfopus Erectus
B. Pithecanlhropus Mojokertensis
C. Meganthropus Paloeojavanicus
D. Homo Soloensis
E. Homo Mojokertensis

3. Fosil manusia pra aksara yang ditemukan di Indonesia dan pernah dianggap sebagai missing link dari teori evolusi Charles Darwin adalah fosil jenis....

A. Homo Wajakensis
B. Pithecanthropus Robustus
C. Pithecanthropus Erectus
D. Meganthropus Paleojavanicus
E. Homo Soloensis

4. Perhatikan keterangan-keterangan di bawah ini ! 

1. Bertubuh kecil 
2. Volume otak kepalanya 900cc 
3. Hidup kira-kira 1 juta hingga 600.000 tahun yang lalu. 

Keterangan tersebut menunjukkan ciri-ciri jenis manusia purba....

A. Meganthropus palaeojavanicus
B. Homo Sapiens
C. Sinantropus Pekinensis
D. Pithecanthropus Erectus
E. Homo Mojokertensis

5. Di daratan Cina ditemukan kerangka manusia purba menyerupai kerangka Pithecanthropus Erectus di Indonesia. Jenis manusia purba ini dianggap sebagai bagian tak terpisahkan dari kelompok Pithecanthropus karena memiliki ciri tubuh atau badan yang sangat mirip satu sama lainnya. Jenis manusia purba yang dari Cina tersebut adalah....

A. Homo Pekininsis
B. Pithecanthropus Devidfranz
C. Sinanthropus Sobensis
D. Meganthropus Pekinensis
E. Sinanthropus Pekinensis

6. Rudolf Virchow menemukan fosil manusia purba di lembah Neander, DussekJorf. Jerman Barat pada tahun 1856. Jenis manusia purba tersebut adalah....

A. Homo Neandherthalensis
B. HomoRobustus
C. Paranthropus Robustus
D. Paranthropus Transvaelensis
E. Australopithecus

7. Perhatikan data-data berikut! 

1. RasAustraloid 
2. Ras Melanesoaid 
3. Ras Mongoloid 
4. RasWedoid 

Berdasarkan fosil-fosil yang ditemukan di belahan dunia, para ahli menggolongkan ke dalam 4 ras besar dunia. Data di atas yang termasuk ras besar dunia ditunjukkan pada angka....

A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

8. Berdasarkan hasil-hasil peralatannya yang dipakai dalam kehidupan masyarakat zaman pra aksara Indonesia dibagi menjadi 2 yaitu zaman ....

A. Besi dan Perunggu
B. Besi dan Batu
C. Batu dan Logam
D. Batu dan Monolitik
E. Perundagian dan Pertukangan

9. Perhatikan data-data tersebut ! 

1. Praktis 
2. Masih kasar/belum diolah 
3. Bersifat befasial 
4. Ada unsur estetika 

Ciri umum alat batu pada masa Palaeolitikum adalah....

A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

10. Bukti bahwa masyarakat mesolitikum sudah mengenal kesenian adalah....

A. ditemukannya pipisan untuk menggiling makanan
B. adanya sampah dapur yang membatu
C. adanya lukisan cap tangan pada dinding gua
D. adanya alat-alat dan tulang dan serpih
E. ditemukanya bangunan punden berundak-undak


11. Pernyataan berikut yang merupakan perkembangan teknologi yang terjadi pada masa Neolitikum adalah....

A. Pembuatan alat lebih mempertimbangkan unsur Praktis
B. Berkembangnya kemampuan mengolah halus peralatan batu di kedua sisi
C. Mulai mengenal teknik Bevalve dalam pembuatan alat
D. Unsur komersial menjadi pertimbangan dalam pengolahan alat
E. Mengenal teknik mengolah alat dengan sistem A Cire Perdue

12. Perhatikan keterangan-keterangan berikut ! 

1. Terjadi revolusi besar kemampuan dan food gathering ke food producing
2. Sudah mengenal bercocok tanam dengan sistem irigasi. 
3. Telah mempunyai kemampuan mengawetkan makanan. 

Keterangan-keterangan di atas merupakan ciri-ciri kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat pada zaman...

A. Palaeolitikum
B. Mesolitikum
C. Neolitikum
D. Megalitikum
E. Perundagian

13. Perhatikan gambar di bawah ini! Bangunan pada masa Megalitikum di samping merupakan bangunan yang sangat penting dalam pemujaan roh nenek moyang, sebab ....

A. dipercaya sebagai tempat bersemayamnya roh nenek moyang
B. merupakan tempat meletakkan sesaji untuk roh nenek moyang
C. sebagai tempat upacara membakar mayat pemimpin kelompok
D. merupakan peninggalan para leluhur masyarakat masa megalitikum
E. sebagai tempat pemakaman kepala suku

14. Keyakinan adanya kekuatan dari luar dirinya yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia merupakan dasar berkembangnya sistem kepercayaan animisme dan dinamisme. Kepercayaan Animisme adalah....

A. kepercayaan bahwa benda-benda tertentu memiliki kekuatan gaib
B. percaya bahwa binatang tertentu memiliki kekuatan dan dianggap suci
C. pemujaan terhadap roh nenek moyang yang dipercaya memiliki pengaruh dalam kehidupan manusia
D. pemujaan terhadap tumbuh-tumbuhan besar yang keramat
E. percaya bahwa alam semesta yang seimbang dapat memberi kebahagian kepada manusia

15. Di bawah ini yang termasuk alat-alat hasil kebudayaan pada zaman perunggu terdapat pada kolom....
Soal Sejarah Peminatan Kelas X Tahun 2017

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

16. Zaman logam di Indonesia memberi indikasi bahwa masyarakat telah mengenal teknologi baru dalam pembuatan alat kehidupan sehari-sehari. Hal ini dibuktikan dengan adanya kemampuan teknik....

A. Membuat rumah panggung
B. Be facial
C. A Cire Perdue
D. Monocial
E. Abris sous roche

17. Perbedaan teknik a cireperdue dengan bivalve pada pembuatan alat dari logam adalah....
    
Soal Sejarah Peminatan Kelas X Tahun 2017

A.
B.
C.
D.
E.

18. Teori Out of Yunan menyatakan bahwa "nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Asia Tengah, sedangkan teori Outof Taiwan menyatakan nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Taiwan. Pernyataan yang tepat berdasarkan keterangan tersebut ditunjukkan oleh pilihan....

A. Bahasa Austronesia tidak memiliki kesamaan dengan bahasa Indonesia
B. Kebudayaan Indonesia mempengaruhi budaya Asia Tengah dan Taiwan
C. Migrasi bangsa Asia Tengah bermigrasi melalui jalur Taiwan
D. Indonesia menjadi tujuan utama migrasi bangsa Yunan dan Taiwan
E. Dimungkinkan nenok moyang bangsa Indonesia berasal dari luar Indonesia

19. Perhatikan dala-data berikut ! 

1. Dr H Kern 
2. Van Leur 
3. Roger Lewin 
4. Von Hein e Gek Jern 
5. Moh Ali 

Ahli arkeologi dan sejarawan di atas yang merupakan pendukung dari teori Yunan adalah...

A.
B.
C.
D.
E.

20. Pernyataan berikut yang tidak termasuk dasar dari teori Nusantara adalah....

A. Bahasa yang berkembang di Nusantara tergolong serumpun dengan bahasa Austronesia yang berbeda dengan bahasa yang berkembang di Asia Tengah
B. Orang Melayu berasal dari Nusantara yang kehidupannya juga berkembang di Nusantara
C. Ditemukannya fosil Homo So'oensis dan Homo Wajakensis menunjukkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Indonesia, karena fosil-fosilnya ditemukannya di pulau Jawa
D. Bahasa Melayu yang berkembang di Nusantara memiliki kemiripan dengan Bahasa Champa di Kamboja
E. K. Himly berpendapat bahwa kemiripan bahasa Melayu yang berkembang di Nusantara dengan Bahasa Champa di Kamboja hanya faktor kebetulan


21. Perhatikan keterangan-keterangan berikut ini ! 

1. Adanya pembangunan di teluk Tonkin. 
2. Adanya bencana alam di daratan Asia. 
3. Serangan dari bangsa dari Cina Utara 
4. Menipisnya sumber daya alam. 
5. Terjadinya kemajuan pelayaran. 

Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya proses migrasi bangsa Austronesia yang menyebar sampai ke kepulauan Nusantara ditunjukkan pada nomor....

A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 5
C. 2, 3. dan 4
D. 3, 4, dan 5
E. 2, 4, dan 5

22. Bangsa-bangsa berikutyang telah dipengaruhi tradisi gerabah ragam hias Sa-Huynh adalah....

A. Thailand dan Laos
B. Thailand dan Indonesia
C. Laos dan Indonesia
D. Thailand dan Australia
E. Laos dan Australia

23. Kebudayaan Deutro Melayu dianggap lebih maju dibandingkan dengan kebudayaan Proto Melayu. Fakta tersebut dibuktikan oleh kemampuan bangsa Deutro Melayu dalam....

A. mengolah batu menjadi perkakas
B. menciptakan api dari batu-batu alam
C. membuat benda-benda logam dari cetakan
D. mendirikan tempat tinggal dari batu bata
E. melukis aktivitas sehari-hari pada dinding gua

24. Suku bangsa yang terdapat di wilayah Indonesia yang merupakan turunan dari bangsa Proto melayu sebagai dampak adanya migrasi pada tahun 2.500 - 2.000 SM adalah....

A. Suku Minangkabau
B. Suku Betawi
C. Suku Semang
D. Suku Manado
E. Suku Dayak

25. Cara hidup nomaden merupakan salah satu fase kehidupan manusia pada masa pra aksara. Manusia pada masa praaksara hidup nomaden dengan tujuan....

A. memperluas wilayah kekuasaan
B. menghindari serangan binatang buas
C. mencari dan mengumpulkan makanan
D. menghindari desakan dari kelompok lain
E. menjalin kerjasama dengan kelompok lain

26. Perhatikan Keterangan-keterangan berikut ! 

1. Tinggal di Gua sekitar pantai dan sungai. 
2. Mengolah makanan untuk dikonsumsi. 
3. Bergantung pada alam sekitar. 
4 Hidup dalam kelompok-kelompok kecil. 
5. Mengenal sistem kepemimpinan sistem suku 

Ciri-ciri kehidupan masa berburu dan meramu dirunjukkan angka....

A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 5
E. 2, 4, dan 5

27. Salah satu bentuk penguasaan ilmu astronomi pada masyarakat praaksara yang hingga kini masih sering dipakai dalam pelayaran adalah bintang pari (Bintag gubug penceng). Rasi bintang tersebut digunakan untuk...

A. sebagai pertanda datangnya angin muson
B. petunjuk datangnya angin darat
C. petunjuk adanya gelombang tinggi di lautan
D. petunjuk arah selatan
E. petunjuk arah barat

28. Hasil kebudayaan masyarakat awal Indonesia berupa bangunan monumental yang memiliki kemiripan bentuk dengan Piramida Mesir dan Piramida Inca di Amerika Selatan adalah....

A. Dolmen
B. Waruga
C. Menhir
D. Sarkofagus
E. Punden Berundak

29. Perhatikan keterangan berikut ! 

1. Memiliki ciri tubuh berbadan tinggi 
2. Berasal dan sekitar laut Kaspia 
3. Dikenal dengan bangsa pemgembara 
4. Mengembangkan sistem kasta 

Berdasarkan keterangan di atas bangsa yang dimaksud adalah....

A. Bangsa Dravida
B. Bangsa Brahmana
C. Bangsa Arya
D. Bangsa Mongolia
E. Bangsa Paria

30. Perhatikan keterangan berikut ! 

1. Adanya serangan dari bangsa Arya. 
2. Adanya serangan dari bangsa Colamandala 
3. Adanya wabah penyakit di masyarakat lembah Sungai Indus. 
4. Ashoka menjadi raja Magadha yang kejam 

 Penyebab kemunduran peradaban lembah Sungai Indus ditunjukkan pada angka...

A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 2 dan 4


31. Masyarakat Lembah Sungai Gangga menggunakan tulisan berupa aksara Paiiawa dan digunakannya dua bahasa secara umum, yaitu ...

A. Bahasa Sansekerta dan bahasa Prakerta
B. Bahasa Champa dan bahasa Sansekerta
C. Bahasa Tagalok dan bahasa Melayu
D. Bahasa Melayu dan bahasa Prakerta
E. Bahasa Sansekerta dan bahasa Melayu

32. Perhatikan keterangan berikut ! 

1. Berhasil menyatukan seluruh India 
2. Raja pemeluk agama Budha 
3. Pernah mengadakan Muktamar Agung agama Budha. 
4. Mengirim Dharmadutta sebagai penyebar agama Budha. 

Raja kerajaan Magadha yang terkait dengan keterangan di atas adalah ...

A. Candragupta Maurya
B. Maurya Nehru
C. Ashoka
D. Brahma Samad
E. Samudragupta

33. Tindakan Sidharta Gautama mengembangkan agama Budha di Lembah Sungai Gangga merupakan sebagai reaksi dari...

A. kekejaman raja Candragupta
B. menurunnya sikap religius masyarakat India
C. diadakan Muktamar Agung agama Budha
D. pemberlakuan sistem kasta dalam ajaran Hinduisme
E. masuknya bangsa Arya ke Lembah Sungai Gangga

34. Perhatikan data-data berikut ! 
Soal Sejarah Peminatan Kelas X Tahun 2017

A. X1, X2, dan X3
B. X1, Y1, dan Y2
C. X1, Y1, dan Y3
D. Y1, Y2, dan Y3
E. X2, Y2, dan Y3

35. Tujuan awal raja Shih Huang Ti pada masa Dinasti Chin membangun tembok besar Cina (The Great Wall) adalah....

A. sebagai jalur perdagangan dengan India
B. digunakan untuk menahan serangan bangsa Barbar (Hun/Shungnu)
C. sebagai batas wilayah kekuasaan kerajaan
D. sebagai legitimasi kekuasaan raja Shih Huang Ti
E. pemisah antara wilayah kekuasaan dinasti Chin dengan Dinasti Chou

36. Perhatikan keterangan berikut ! 

1. Kongfusianisme 
2. Taoisme 
3. Mengcius 
4. San Min Chu i 
5. Komunisme 

Ajaran filsafat Cina Kuno yang berkembang pada masa Dinasti Chou adalah....

A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 1, 3, dan 5
D. 2, 3, dan 4
E. 2, 4, dan 5

37. Perilaku baik individu dalam masyarakat, tata krama dalam keluarga dan pemerintahan yang bijaksana merupakan inti ajaran....

A. Taoisme dari filsuf Lao Tse
B. Sosialisme dan tokoh Sun Yat Sen
C. Mengcius dari filsuf Meng Tse
D. Kongfusianisme dari filsuf Kong Fu Tse
E. Komunisme dan Kong Fu Tse

38. Daerah yang terletak diantara sungai Eufrat dan sungai Tigns dikenal dengan daerah Mesopotamia. Mesopotamia disebut "The Fertile Cresent Moon" karena ....

A. lambang kebesaran masyarakatnya bergambar bulan sabit
B. daerah yang selalu diterangi bulan sabit
C. daerah subur yang berbentuk bulan sabit
D. wilayahnya diantara dua sungai besar
E. penganut kepercayaan Islam

39. Peradaban Mesopotamia telah memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi. Hal ini nampak pada peninggalan berupa...

A. menguasai aksara berupa tulisan paku (Cuniform)
B. menguasai tulisan Hieroglyph
C. menerapkan pemerintahan dengan sistem perwakilan
D. memiliki tentara yang modem
E. dibangun Zigurat sebagai tempat pemujaan terhadap Dewa

40. Dengan ditemukannya kitab Hukum Hammurabi pada masyarakat di peradaban Mesopotamia maka dapat disimpulkan bahwa....

A. Raja Hammurabi memerintah berdasarkan hukum yang berlaku
B. Raja Hammurabi mcmenntah secara mutlak
C. Masyarakat babylonia telah memiliki kesadaran hukum yang tinggi
D. Hukum dapat diatur oleh raja
E. Raja memerintah dengan sistem diktator


41. Pernyataan berikut yang merupakan persamaan antara peradaban-peradaban kuno di Asia adalah....

A. memiliki sistem pemeiintahan yang demokratis
B. pendukung masyarakatnya berkarakter pengembara
C. sering terjadi perselisihan diantara para bangsawan
D. masyarakatnya memiliki kepercayaan bercorak polyteisme
E. perkembangan peradabannya berlangsung pada waktu yang sama

42. Hal yang mendasari masyarakat Mesir Kuno mengenal tradisi mengawetkan jenasah (Mummi) adalah ...

A. adanya kepercayaan seseorang tetap hidup selama jasadnya masih utuh
B. sebagai bentuk penghormatan terhadap raja
C. agar kepercayaan masyarakat tetap terjaga kelestariannya
D. masyarakat Mesir Kuno berkeinginan seperti masyarakat Mesopotamia
E. roh nenek moyang akan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat

43. Perhatikan keterangan berikut! 1. Piramida 2. Zigurat 3. Obelisk 4. Hieroglyph Hasil kebudayaan Mesir Kuno yang berkaitan erat dengan kehidupan keagamaan terdapat pada angka....

A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

44. Hal yang membedakan pemikiran bangsa Yunani dengan bangsa Mesopotamia dan India dalam upaya mengungkap alam semesta yaitu....

A. Bangsa Mesopotamia dan India mendasarkan pada pemikiran rasional, sedangkan bangsa Yunani berdasarkan pada mitos atau epos
B. Bangsa Mesopotamia dan India mendasarkan mttos atau epos. sedangkan bangsa Yunani berdasarkan pada pemikiran yang bersifat rasional
C. Bangsa Yunani mendasarkan pada gejolak alam, sedangkan bangsa Mesopotamia dan India berdasarkan pada penelitian
D. Bangsa India dan Mesopotamia mendasarkan pada pemikiran raja, sedangkan bangsa Yunani berdasarkan pada hasil pemikiran cendekiawan
E. Bangsa Yunani mendasarkan pada penelitian. sedangkan bangsa Mesopotamia dan India berdasarkan pada kekuatan gaib

45. Perhatikan keterangan berikut : 

1. Pemerintahan dipimpin dua orang raja yang berkuasa secara turun temurun 
2. Pemerintahan dijalankan oleh dewan yang disebut Epor 
3. Rakyat memiliki dewan perwakilan yang disebut Eklesia. 

Keterangan di atas merupakan ciri-ciri pemerintah....

A. Kerajaan Romawi
B. Kerajaan Asyiria
C. Polis Sparta
D. Polis Kreta
E. PolisAthena

46. Perkembangan yang pesat ilmu filsafat di polis Athena terutama disebabkan oleh....

A. Sistem pemerintahan perwakilan
B. Adanya kepercayaan polyteisme
C. Raja harus mempunyai kemampuan ilmu filsafat
D. Adanya kebebasan berpikir logis, berdebat dan berbicara
E. Keseimbangan perkembangan bidang-bidang Ilmu pengetahuan

47. Perangkat hukum peninggalan peradaban Romawi yang menjadi dasar hukum negara-negara Darat sekarang adalah....

A. Codex Justianus
B. Cotoseum
C. Illyas dan Odysseus
D. Vini. Vidi. Vtci
E. Cloaca Maxima 

48. Perhatikan keterangan berikut ! 

1. Teokrasi 
2. Primus Interpares 
3. Kerajaan 
4. Kekaisaran 
5. Republik 

Bentuk pemenntahan yang pernah belaku dalam sejarah peradaban Romawi Kuno adalah....

A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 1, 2, dan 4
D. 2, 3, dan 4
E. 3, 4, dan 5

49. Kota Machu Pichu yang dibangun di daerah gunung dari batu-batu tanpa alat lekat merupakan bukti bahwa bangsa Inca memiliki ilmu pengetahuan arsitektur yang maju. Penyebab bangsa Inca membangun kota Machu Pichu adalah....

A. wilayah bangsa Inca didominasi daerah pegunungan
B. mata pencaharian masyarakat Inca bertani
C. adanya keyakinan bahwa dewa-dewa bersemayam di gunung
D. untuk mempertahankan diri dari penjajahan bangsa Spanyol
E. menghindari serangan dari bangsa Aztec

50. Bangsa Inca semakin kuat dan berkembang pada masa raja Pachacuti yang melakukan ekpansi ke wilayah Colombia, Equador. Chili dan sebagian Argentina. Hal yang dilakukan bangsa Inca dalam mengontrol rakyat jajahan adalah....

A. melakukan teror kepada rakyat
B. menerapkan pemerintahan perwakilan
C. menyatukan wilayah menjadi sebuah Imperium
D. memberikan otonomi pada penguasa jajahan
E. menjalin kerjasama militer dengan bangsa Aztec

Baca Juga : Latihan Soal Penyisihan HICOM Season III Tahun 2018



Demikian yang dapat saya bagikan kepada sobat terkait Latihan Soal Sejarah Peminatan Kelas X Tahun 2017. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Salam Historia !

LihatTutupKomentar