Latihan Soal Sejarah OSN IPS SMP Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2011

Hai sobat sejarah, postingan kali ini adalah lanjutan dari latihan soal OSN IPS SMP tingkat kabupaten / kota tahun 2010. Apakah kalian sudah coba mengerjakannya? sulit atau mudah? atau kalian belum mencobanya? hehe.

Bagi sobat yang belum selesai menjawab soal OSN IPS tahun 2010, saya sarankan untuk mencba terlebih dahulu, namun untuk sobat yang sudah mengerjakannya silahkan lanjut mengerjakan latihan soalnya untuk tahun 2011. Selamat mengerjakan!

Latihan Soal OSN IPS SMP Tingkat Kabupaten 2011


Latihan Soal Sejarah OSN IPS SMP Kabupaten / Kota Tahun 2011

Petunjuk : 

(1). Tidak ada batasan waktu pengerjaan soal.
(2). Pilihlah jawaban yang paling benar dari opsi jawaban yang tersedia.
(3). Buka kunci jawaban dan pembahasan setelah sobat menjawab semua soal yang tersedia.




1. Masa pra - aksara periode zaman batu tua disebut...

A. Palaeolithikum
B. Neolilthikum
C. Mesolithikum
D. Megalithikum

2. Manusia masa    Pra - aksara di Indonesia yang diperkirakan sejaman dengan Pitecanthropus Pekinensis adalah....

A. Homo Wajakensis
B. Homo Soloensis
C. Homo Erectus
D. Homo sapien

3. Masuknya Agama Hindu-Buddha ke Indonesia   yang   menempatkan   pengaruh para Bangsawan sebagai faktor dominan adalah teori ....

A. Brahmana
B. Ksatria
C. Waisya
D. Sudra

4. Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka) menyalakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada ahad pertama Hijriyah. Pemikiran ini di dukung oleh adanya bukti....

A. Kesamaan gelar antara raja Samudra Pasai dengan raja - raja di Mesir yakni Al Malik
B. Ditemukan bukti orang-orang Indonesia yang menggali ideologi Islam aliran Syafi'i di Yordania
C. Ditemukan bukti orang-orang Indonesia yang menggali ideologi Islam aliran Maliki diMekah
D. Adanya laporan perjalanan Ibnu Ratulah ke Demak

5. Fakta yang berkaitan dengan tokoh Kanjeng Matoaya sebagai pemeluk Islam yang pertama adalah...

A. Tokoh yang berasal dari Bali
B  Raja Témate yang keempat
C. Meninggal dalam pembuangan di Srilangka
D. Terkisahkan dalam sumber sejarah "Lontara Bilang"

6. Kesamaan latar belakang bangsa Portugis dan bangsa Belanda masuk ke Indonesia adalah....

A. Keduanya berangkat dengan alsan aspek keagamaan yang sama
B. Keduanya mengalami kekalahan dengan Spanyol
C. Keduanya menghadapi kesulitan sehubungan dengan jatuhnya kota Konstantinopel ke (tangan penguasa Islam pada tahun 1453
D. Keduanya terletak di wilayah jazirah Andalusia

7. Salah satu cara politik VOC mendapatkan daerah kekuasaan di Indonesia menggunakan cara sebagai berikut....

A. Menerapkan nilai mata uang sendiri
B. Melaksanakan hak monopoli
C. Menerapkan De vide at Impera
D. Menukarkan Bengkulu dengan Singapura

8. Pendidikan dasar pertama bagi penduduk pribumi yang berbahasa Belanda di Indonesia adalah...

A. Kweek school
B. Holand Inlandsche school
C. Hogere Burger School
D. Volgschool

9. Douwes Dekker adalah seorang keturunan Belanda, tetapi dalam perjuangannya ternyata menjadi pelopor perdirian partai politik pada tahun 1912. Partai yang ia dirikan bersama Cipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat adalah ...

A. Indische Vereniging
B. Indische Partij
C. Gerindra
D. Perhimpunan Indonesia

10. Pernyataan berikut ini yang berkaitan dengan latar belakang terjadinya Perang Dunia I adalah....

A. Meningkatnya kekuatan monarchi absolutisme di Eropa meredupkan nilai-nilai demokrasi yang dibangun sejak Revolusi Perancis.
B. Pembentukan Axis Powers yang dimotori oleh Perancis. Jerman dan Turki
C. Meningkatnya agitasi kelompok teror Serbia dengan tokohnya bernama Gavrilo Princip.
D. Meletusnya peristiwa pembunuhan seorang putra mahkota Serbia bernama Pangeran Ferdinand


11. Kemenangan Jepang atas Rusia memberikan pengaruh positif bagi pergerakan nasional Indonesia. Hal ini disebabkan ...

A. Jepang membantu perjuangan kaum pergerakan nasional Indonesia melalui dukungan persenjataan
B. Telah mampu merubah pola perjuangan pergerakan nasional Indonesia dari pola agresif menjadi defensif
C. Runtuhnya mitos bangsa Eropa yang tak terkalahkan dan membangkitkan kepercayaan Indonesia akan kekuatan sendiri
D. Rusia tidak lagi menjadi kekuatan tandingan kelompok Sekutu dalam "Colli War"

12. Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan ekonomi bangsa Indonesia dapat diidentifikasikan pada fakta berikut....

A. Romusha
B. Pembentukan Heiho dan PETA
C. Melarang penggunaan bahasa Belanda
D. Pembentukan Jawa Hokokai

13. Perhatikan konsep - konsep berikut ini !
 
1. Perang Dunia I
2. Perang Pasifik.
3. Peristiwa sekitar Proklamasi
4. Bekasi
5. Penculikan Sukarnoo- Hatta
6. Karawang

Pernyataan yang berkaitan dengan Peristiwa Rengasdengklok adalah ....

A. 1.2.3.dan 4
B. 2.3.4.dan 5
C. 3.4,5 dan 6
D. 2.3.5 dan 6

14. Perhatikan tokoh-tokoh perlawanan terhadap kedatangan Sekutu berikut ini....


Pada kolom di atas yang merupakan tokoh - tokoh perlawanan terhadap Sekutu di Ambarawa terdapat pada angka ....

A. I
B. II
C. III
D. IV

15. Lembaga yang melanjutkan tugas Komisi Tiga Negara (KTN) di Indonesia sesuai Resolusi Dewan Keamanan PBB adalah...

A. UNTEA
B. UNICEF
C. UNCI
D. AFNEI

16. Peristiwa Pembebasan Irian Barat dapat dimaknai sebagi cerminan kondisi berikut....

A. Kegagalan penyelenggaraan Pemilu 1955
B. Kekecewaan Indonesia terhadap salah satu isi perjanjian Renville
C. Kekecewaan karena tidak ditaatinya isi perjanjian KMB oleh Belanda
D. Kekecewaan karena tidak di taatinya isi perjanjian Linggarjati oleh Belanda

17. Tokoh PKI yang besar pengaruhnya dalam perkembangan politik sebelum peristiwa G 30 S PKI, dan pernah belajar di Rusia dan Cina. serta bukan seorang militer adalah....

A. Untung
B. Muso
C. Omar Dani
D. Dipo Nusantara Aidit

18. Pemaknaan politis secara benar terhadap peristiwa G 30 S PKI adalah ....

A. lemahnya sistem pengawasan di kantor RRI dan kantor Telkom sehingga mudah digunakan sebagai niat propaganda politik
B. Partai Komunis Indonesia memiliki kekuatan politik demikian juga TNI khususnya Angkat Darat
C. Ketatnya pengawasan pemerintah terhadap sepak terjang partai - partai di Indonesia pasca Dekrit Presiden 5 Juli 1959
D. Persaingan kekuatan politik antara TNI - AL dan TNI AD secara terbuka

19. Perhatikan label berikut ini!


Pada kolom di atas deskripsi yang berkaitan dengan tujuan penyelenggaraan KAA di Bandung tahun 1955 adalah ...

A. I
B. II
C. III
D. IV

20. Peranan Indonesia dalam Konferensi Asia - Afrika tahun 1955 di Bandung yang paling mempengaruhi keadaan politik internasional dapat disimak dari fakta ....

A. Indonesia memperoleh dukungan PBB untuk masalah Irian Barat
B. Indonesia menempatkan Ali Saslro Amidjojo sebagai ketua konferensi
C. Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara Konferensi Panca Negara I
D. Indonesia memelopori penerapan prinsip politik luar negen bebas aktif yang ternyata menjadi pilihan bagi banyak negara


21. Konferensi Asia Afrika memiliki arti penting bagi perkembangan negara - negara di
Asia-Afrika setelah masa Kolonial. Arti penting bagi Indonesia dapat diidentifikasi dari
fakta....

A. mendapat dukungan internasional dalam mengatasi pertikaian dengan Malaysia
B. mendapat dukungan dari dunia internasional dalam menyelesaikan masalah Irian Barat
C. mendapat dukungan dari PBB dalam penyelenggaraan Games
D. mendapat dukungan dunia internasional dalam memecahkan masalah Timor - Timur

22. Penyelesaian masalah Kamboja membawa dampak posilif lebih eratnya kerjasama ASEAN dengan negara - negara eks Indocina. Penyelesaian tersebut dicapai pada KTT ASEAN ke IV di kota berikut....

A. Jakarta
B. Singapura
C. Pnhom Penh
D. Bangkok




Demikian yang dapat saya bagikan kepada sobat terkait Latihan Soal Sejarah OSN IPS SMP Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2011. Apabila ada yang ingin ditanyakan seputaran soal OSN IPS di atas, berikan komentar di bawah ini yah. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog belajar sejarah

Salam Historia !!

Sumber : http://www.bangsaku.web.id/2018/03/soal-pembahasan-osk-osp-osn-smp-2018.html
LihatTutupKomentar