Latihan Soal Sejarah OSN IPS SMP Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2012

Hai sobat sejarah, postingan kali ini adalah lanjutan dari latihan soal OSN IPS SMP tingkat kabupaten / kota tahun 2011. Apakah sobat masih sering salah menjawab latihan soal sebelumnya? Tidak apa-apa dan lanjutkan saja belajar sobat Tetap percaya jika di balik kesulitan selalu ada kemudahan.  

Bagi sobat yang belum selesai menjawab soal OSN IPS tahun 2011, saya sarankan untuk mencoba terlebih dahulu, namun untuk sobat yang sudah mengerjakannya silahkan lanjut mengerjakan latihan soalnya untuk tahun 2011. Selamat mengerjakan!

Latihan Soal Sejarah  OSN IPS SMP Kota  Kabupaten Tahun 2012

Latihan Soal Sejarah OSN IPS SMP Kabupaten / Kota Tahun 2011

Petunjuk : 

(1). Tidak ada batasan waktu pengerjaan soal.
(2). Pilihlah jawaban yang paling benar dari opsi jawaban yang tersedia.
(3). Buka kunci jawaban dan pembahasan setelah sobat menjawab semua soal yang tersedia.




1. Berdasarkan hasil temuan Dubois, jenis manusia purba yang sudah berjalan tegak adalah...

A. Homo Soloensis.
B. Pithecanthropus Erectus.
C. Homo Sapiens.
D. Homo Wajakensis.

2. Pola perkembangan kehidupan ekonomi masyarakat prasejarah adalah...

A. Food gathering menuju food producing.
B. Kehidupan nomaden menuju menetap.
C. Food producing menuju food gathering.
D. Menetap menuju nomaden.

3. Teori tentang proses masuknya kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia yang dikemukakan oleh F.D.K. Bosch, adalah teori...

A. Brahmana
B. Sudra
C. Waisya
D. Arus Balik

5. Fakta yang mendasari lahirnya teori yang menyatakan bahwa Islam masuk di Indonesia pada abad ke 13-14 Masehi, adalah...

A. Keberadaan perkampungan Arab di pusat kerajaan Sriwijaya.
B. Tulisan pada batu nisan yang ditemukan di Pasai.
C. Informasi berdasarkan berita perjalanan Pangeran Gunavarman.
D. Adanya persamaan tradisi muslim Persia dan Indonesia.

6. Kaum pedagang menyebarkan agama Islam di Indonesia melalui aktivitas...

A. interaksi sosial antara kaum pedagang dengan penduduk setempat.
B. interaksi kesenian antara kaum pedagang dan penduduk.
C. pemaksaan melalui aktivitas dagang.
D. penaklukkan oleh kaum pedagang terhadap penguasa setempat.

7. Faktor-faktor yang mendorong kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia adalah jatuhnya...

A. Bizantium, mencari rempah-rempah dan barang tambang.
B. Bizantium, kekuasaan, ekonomi, keagamaan.
C. Konstantinopel, kebutuhan tentang bahan mentah dan baku.
D. Konstantinopel, menyebarkan peperangan dan kekuasaan.

8. Kesamaan karakteristik kolonial Portugis, Belanda dan Inggris di Indonesia adalah...

A. pemerasan, perampasan hak dan penguasaan.
B. pemerasan, pembodohan dan kekerasan.
C. pembodohan, perdamaian dan perampasan hak.
D. pembodohan, permusyawaratan dan kekerasan.

9. Kolonial Belanda membangun sekolah OSVIA, MULO, AMS, HBS bertujuan untuk...

A. agar selalu mendapat simpati dari rakyat Indonesia.
B. rakyat Indonesia dapat melanjutkan sekolah ke yang lebih tinggi.
C. munculnya kaum cerdik pandai yang dapat membantu Belanda.
D. mendidik calon pegawai rendah di pemerintahan Belanda.

10. Faktor yang mendorong lahirnya pergerakan kebangsaan Indonesia adalah...

A. kebersamaan dan kesadaran nasionalisme untuk membebaskan diri dari penjajahan.
B. keberhasilan Jepang menduduki Hindia Belanda.
C. keberhasilan perjuangan yang bersifat sporadis di daerah-daerah.
D. serangan Jepang terhadap Pearl Harbour.


11. Pengaruh perang dunia ke-I terhadap pergerakan nasional Indonesia adalah...

A. bangkitnya perlawanan bersenjata di berbagai daerah terhadap kolonialisme.
B. meningkatnya kesadaran nasionalisme untuk membebaskan diri dari kolonialisme.
C. munculnya berbagai organisasi perjuangan yang bersifat kedaerahan.
D. pembubaran Volksraad atau Dewan Rakyat sebagai reaksi terhadap tuntutan pembentukan milisi pribumi oleh kaum pergerakan Indonesia.

12. Pengaruh positif kemenangan Jepang atas Rusia bagi pergerakan nasional Indonesia ialah...

A. membangkitkan kepercayaan bangsa Indonesia pada kekuatan sendiri.
B. Rusia tidak lagi menjadi kekuatan tandingan kelompok Sekutu dalam PD I.
C. mampu mengubah pola perjuangan nasional dari pola agresif menjadi defensif.
D. Jepang membantu perjuangan kaum pergerakan nasional melalui persenjataan.

13. Kebijakan pemerintah pendudukan Jepang yang memengaruhi kehidupan sosial bangsa Indonesia ialah...

A. munculnya perserikatan dagang kaum pribumi.
B. larangan perdagangan beras antara daerah.
C. diperbolehkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di sekolah.
D. banyaknya pendirian perguruan tinggi baru.

14. Perhatikan data-data berikut ini!

(1) Perang Dunia II
(2) Antara Karawang dan Bekasi
(3) Peristiwa Rengas Dengklok
(4) Sidang BPUPKI dan PPKI
(5) Penyusunan teks proklamasi
(6) Pembentukan PETA

Pernyataan yang berkaitan dengan peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia adalah...

A. (2), (3), (4), dan (5).
B. (1), (2), (3), dan (4).
C. (3), (4), (5), dan (6).
D. (2), (3), (5), dan (6).

15. Tokoh-tokoh yang berjuang mempertahankan kemerdekaan pasca proklamasi adalah...

A. Gubernur Suryo, Bung Tomo, Soengkono, Teuku M. Hassan.
B. Let. Kol. M.Sarbini, Sastrodihardjo, Let. Kol. Isdiman, Kol. Soedirman.
C. Teuku Nyak Arif, Gubernur Suryo, Soengkono, Teuku M. Hassan.
D. Dr. Karyadi, Supriyadi, Oerip Soemohardjo, Bung Tomo.

16. Komisi Tiga Negara (KTN) merupakan misi PBB untuk mencari penyelesaian damai antara Indonesia dan Belanda, kemudian misinya dilanjutkan oleh...

A. UNCI
B. UNICEF
C. UNTEA
D. UNHCR

17. Salah satu karakter perlawanan fisik rakyat Indonesia terhadap tentara pendudukan Jepang adalah...

A. mendukung usaha perang Sekutu untuk mengalahkan Jepang.
B. memperjuangkan dukungan dari bangsa-bangsa lain yang juga dijajah Jepang.
C. terkoordinasinya perlawanan antar daerah.
D. bersifat sporadis sehingga mudah dipadamkan oleh tentara Jepang.

18. Latar belakang terjadinya perjuangan merebut Irian Barat adalah...

A. Perjanjian Room-Royen tidak menghasilkan kesepakatan RI dan Belanda.
B. Indonesia tidak menyetujui salah satu isi perjanjian Renville.
C. tidak ditaatinya isi Perjanjian Linggarjati oleh Belanda.
D. Belanda mengingkari hasil-hasil perundingan KMB.

19. Keadaan sosial-ekonomi masyarakat Indonesia sebelum peristiwa G.30 S/PKI ialah...

A. harga sandang pangan sangat tinggi dan langka.
B. banyaknya gerakan-gerakan demonstrasi rakyat.
C. meningkatnya kegiatan ekspor-impor.
D. ditetapkannya program Panca Wardana.

20. Gerakan kesatuan aksi pasca G.30 S/PKI yang dipelopori mahasiswa menuntut...

A. dilaksanakannya Trikora.
B. dilaksanakannya Tritura.
C. dibentuknya Laskar Ampera.
D. dibentuknya Orde Baru.


21. Skala prioritas perjuangan Reformasi pada periode setelah runtuhnya pemerintah Orde Baru adalah...

A. Pemberantasan Kolusi Korupsi Nepotisme (KKN).
B. Politik luar negeri yang bertujuan meningkatkan kemandirian bangsa Indonesia.
C. Meningkatkan pengketatan kontrol pemerintah pusat terhadap daerah.
D. Mengupayakan penanggulangan terhadap dampak ekonomi neo-liberal.

22. Perhatikan tabel di bawah ini!


Tujuan penyelengaraan KAA di Bandung tahun 1955 terdapat pada kolom...

A. I
B. II
C. III
D. IV
 
23. Pernyataan berikut yang menunjukkan pengaruh Indonesia dalam Konferensi Asia- Afrika (KAA) tahun 1955...

A. Mempelopori pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif.
B. Menempatkan Ali Sastroamidjojo sebagai ketua konferensi.
C. Menjadi tuan rumah penyelenggara Konferensi Panca Negara L
D. Memperoleh dukungan PBB untuk masalah Irian Barat.

24. Pengaruh KAA terhadap kebangkitan bangsa-bangsa di Asia-Afrika adalah ....

A. mempercepat lahirnya negara-negara merdeka di Asia-Afrika.
B. menguatnya sikap anti Amerika.
C. melahirkan himbauan agar negara-negara di Asia-Afrika keluar dari PBB.
D. menghimbau dunia internasional untuk ikut memecahkan masalah Timor Timur.



Demikian yang dapat saya bagikan kepada sobat terkait Latihan Soal Sejarah OSN IPS SMP Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2012. Apabila ada yang ingin ditanyakan seputaran soal OSN IPS di atas, berikan komentar di bawah ini yah. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di www.belajarsejarah.web.id

Salam Historia !!

Sumber : http://www.bangsaku.web.id/2018/03/soal-pembahasan-osk-osp-osn-smp-2018.html

LihatTutupKomentar